REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita puluhan mobil dan motor gede dari Operasi Tangkap Tangan (OTT) Wakil Menteri Tenaga Kerja (Wamenaker) Immanuel Ebenezer, Kamis (21/8/2025). Salah satu kendaraan paling mencolok dari OTT ini adalah Nissan GT-R 2025 berkelir biru tua.
Mobil sport berharga miliaran ini dipasangi pelat D 1261 QGK. Namun, pelat ini bukan asli dari mobil ini karena masa berlakunya tertulis bulan 4 tahun 2025. Saat Republika.co.id mengcek ke website Bapenda Jabar, tidak ada data mobil dengan nomor pelat tersebut.
Dikutip dari laman resmi Nissan Rochester, Amerika Serikat, Nissan GT-R 2025 punya tiga varian, yakni GT-R Premium, GT-R T-Spec, dan GT-Nismo. Tampaknya, mobil yang disita KPK tersebut merupakan model GT-R Premium.
Nissn GT-R 2025, Premium ataupun T-Spec, ditenagai oleh mesin V6 twin-turbocharged 3,8 liter rakitan tangan. Mesin ini menghasilkan tenaga 565 tenaga kuda dengan torsi 467 pound-feet.
Salah satu mobil impian para petrol head ini istimewa karena dikerjakan langsung oleh lima perakit mesin ahli Nissan yang punya pengalaman puluhan tahun. Lima Takumi veteran ini adalah Shioya Izumi, Tetsuji Matsumoto, Tsunemi Ooyama, Hiroyuki Ichikawa, dan Takumi Kurosawa. Mesin Nissan GT-R yang mereka bangun ibarat benda seni, karena ditandai dengan nama mereka di setiap plakat mesin yang mereka rakit.
Sementara varian NISMO mendapatkan versi mesin yang lebih bertenaga. Dengan kekuatan 600 tenaga kuda, mesin ini menawarkan keunggulan performa ekstra dibandingkan dua model sebelumnya.
Tenaga disalurkan melalui transmisi kopling ganda enam percepatan, yang menyalurkan tenaga ke keempat roda. Sistem penggerak ATTESA ET-S dirancang untuk memaksimalkan cengkeraman di jalan kering dan dalam berbagai kondisi serta situasi lain yang mungkin dihadapi GT-R 2025.
Untuk perpindahan gigi yang lebih cepat, pengguna GT-R 2025 dapat menggunakan paddle shift untuk performa yang lebih optimal. Tersedia tiga mode berkendara, menyesuaikan parameter transmisi, suspensi, dan Sistem Kontrol Dinamis Kendaraan (DDI).
Sistem suspensi Bilstein DampTronic menjaga GT-R 2025 tetap stabil di jalan. Sistem ini terhubung dengan suspensi double-wishbone independen di depan dan suspensi multi-link independen di belakang, menambahkan coilover pada peredam kejut di keempat roda.