Jumat 04 Jul 2025 09:12 WIB

Kenali Enrollment TASPEN dan Bagaimana Cara Kerjanya

Pendaftaran enrollment pada aplikasi Andal hanya butuh waktu kurang dari lima menit.

Enrollment peserta TASPEN hanya butuh waktu kurang dari lima menit melalui aplikasi Andal.
Foto: TASPEN
Enrollment peserta TASPEN hanya butuh waktu kurang dari lima menit melalui aplikasi Andal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT TASPEN (Persero) terus menghadirkan inovasi demi memberikan kemudahan bagi para peserta pensiun, salah satunya melalui proses enrollment, yang telah diimplementasikan sejak tahun 2018.

Tahapan penting ini menjadi kunci agar proses autentikasi bisa dilakukan secara digital, praktis, dan tanpa harus mengunjungi mitra bayar.

Apa itu enrollment? Enrollment adalah proses perekaman data biometrik yaitu berupa suara, wajah, dan sidik jari dari penerima pensiun. Data biometrik ini kemudian digunakan untuk proses autentikasi melalui aplikasi “Andal by TASPEN”.

Dengan autentikasi digital, peserta tidak perlu lagi datang ke kantor bayar, cukup menggunakan smartphone dari rumah. Bagaimana cara melakukan enrollment? TASPEN memberikan dua pilihan metode enrollment:

1. Daring (Online)

Penerima pensiun bisa melakukan enrollment langsung saat pertama kali mendaftar aplikasi Andal by TASPEN. Caranya mudah:

• Scan KTP.

• Input data diri.

• Lakukan swafoto sesuai panduan di aplikasi.

Dengan langkah sederhana ini, peserta langsung siap melakukan autentikasisecara mandiri.

2. Luring (Offline)

Bagi peserta yang belum terbiasa dengan teknologi digital, enrollment dapat dilakukan langsung di seluruh kantor cabang TASPEN dan mitra bayar yang telah ditunjuk. Petugas akan membantu proses perekaman biometrik dengan ramah dan profesional.

Mengapa enrollment penting? Enrollment adalah tahap awal yang sangat penting untuk memastikan autentikasi berjalan lancar. Tanpa enrollment, peserta tidak dapat menggunakan aplikasi Andal untuk proses autentikasi bulanan, dua bulanan, maupun tiga bulanan sesuai ketentuan masing-masing kategori pensiun.

Pendaftaran enrollment pada aplikasi Andal by TASPEN hanya butuh waktu kurang dari lima menit dan wajib dilakukan oleh seluruh peserta penerima pensiun.

Pensiun dari Dinas Perhubungan Pemda DKI Jakarta, Farid, 60 tahun, menikmati masa pensiunnya dengan nyaman berkat layanan andal dan optimal yang diberikan oleh TASPEN.

Ia memanfaatkan layanan Andal by TASPEN, melalui perekaman wajah yang memudahkan proses administrasi pensiun. “Pelayanan sangat baik dan direspon dengan cepat, dan diselesaikan secara tepat waktu.” ujarnya.

Corporate Secretary TASPEN, Henra, mengatakan dengan enrollment, peserta pensiun dapat menikmati kemudahan autentikasi dari rumah kapan saja, hemat waktu dan tenaga, aman dan akurat dengan verifikasi biometrik.

‘’TASPEN terus mengajak seluruh peserta untuk melakukan enrollment agar tidak mengalami kendala dalam penerimaan manfaat pensiun,” kata Henra melalui keterangan, Jumat (4/7/2025).

Tentu, kemudahan dalam proses enrollment ini sejalan dengan Asta Cita Presiden Republik Indonesia, khususnya poin keempat, yaitu "mewujudkan pemerintahan

yang bersih, efektif, dan terpercaya".

TASPEN hadir untuk terus berorientasi pada layanan kepada masyarakat, dengan mengedepankan kemudahan, transparansi, dan perlindungan hak peserta.

TASPEN mengimbau kepada seluruh penerima pensiun dan masyarakat untuk selalu berhati-hati terhadap modus penipuan yang mengatasnamakan TASPEN. Seluruh informasi resmi mengenai layanan TASPEN dapat diakses melalui situs resmi www.taspen.co.id, media sosial resmi TASPEN, dan Call Center TASPEN 021-1500919.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement

Rekomendasi

Advertisement