Rabu 11 Jun 2025 14:13 WIB

Inovasi PGN Hadapi Perubahan Perilaku Konsumen

PGN perkuat infrastruktur Jargas

Rep: Frederikus Bata/ Red: Intan Pratiwi
PT Pertamina (Persero) berkomitmen terus memperkuat pengembangan jaringan gas rumah tangga (jargas) untuk mendorong percepatan transisi energi.
Foto: Dok Republika
PT Pertamina (Persero) berkomitmen terus memperkuat pengembangan jaringan gas rumah tangga (jargas) untuk mendorong percepatan transisi energi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) sebagai Subholding Gas Pertamina terus berinovasi dalam strategi pemasaran. Ini demi menghadapi perubahan perilaku konsumen yang semakin hybrid.

Melalui pendekatan omnichannel yang menyatukan kanal digital dan interaksi langsung, PGN memasarkan produk Gaskita (segmen rumah tangga dan UMKM) serta GasLine (segmen komersial dan industri) secara adaptif, interaktif, dan relevan dengan gaya hidup masa kini. Salah satu kampanye yang menjadi unggulan adalah Bedah Dapur GasKita, yang menyasar keluarga di wilayah Tangerang, Bekasi, Surabaya, Semarang, dan Yogyakarta.

Dalam kampanye ini, PGN menyelenggarakan undian berupa renovasi dapur bagi pendaftar terpilih. Kampanye ini memanfaatkan pendekatan Marketing 5.0, termasuk media sosial dan live streaming TikTok shoppertainment untuk menjangkau konsumen secara lebih emosional dan interaktif.

Kampanye yang berlangsung dari Agustus hingga Oktober 2024 ini menjangkau publik secara masif, dengan capaian lebih dari 11,6 juta impresi. Efektivitas kampanye turut terlihat dari lonjakan pendaftaran layanan GasKita melalui kanal online, yang meningkat sebesar 268 persen selama periode kampanye. Pada bulan Oktober saja, tercatat lebih dari 1.400 pendaftar, dibandingkan sejumlah 390 pendaftar di bulan Agustus.

PGN juga memperkuat pendekatan phygital dalam pencarian informasi hingga proses berlangganan bagi calon pelanggan, baik dengan webrooming melalui situs www.pgas.id maupun showrooming melalui partisipasi di pameran yang berada di area pengembangan jaringan gas.

Untuk menyasar segmen komersial dan industri secara B2B, PGN juga mengoptimalkan kampanye digital melalui Google Ads. Strategi ini diarahkan untuk menjangkau pelaku bisnis yang membutuhkan layanan energi gas bumi, dengan landing page khusus yang terintegrasi langsung ke situs pendaftaran.

Direktur Komersial PGN Ratih Esti Prihatini menekankan pentingnya strategi pemasaran yang terintegrasi. "Strategi yang adaptif sangat diperlukan seiring terjadinya perubahan pola komunikasi masyarakat yang semakin digital,” ujar Ratih, dalam keterangannya di Jakarta, dikutip, Rabu (11/06/2025).

Ia mengatakan PGN terus berupaya merespon perubahan tersebut agar tetap relevan dalam mengedukasi pasar mengenai energi transisi yang lebih ramah lingkungan, yaitu gas bumi. "Kemudahan pendaftaran berlangganan gas melalui website dan kemudahan komunikasi konsultasi melalui kanal online membuat prospek pertumbuhan calon pelanggan dapat tetap dijaga,” tambah Ratih.

Sebagai wujud kelanjutan dari strategi pemasaran yang humanis dan interaktif, PGN juga meluncurkan aktivitas baru dalam bentuk acara “Taman Jargas Nusantara”. Acara ini mengedukasi publik melalui ruang terbuka yang dilengkapi instalasi visual edukatif, permainan anak, hingga booth pendaftaran berlangganan, sehingga menjadi sarana rekreasi sekaligus literasi energi gas bumi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement

Rekomendasi

Advertisement