Sabtu 26 Apr 2025 19:25 WIB

Progres Konstruksi Tol Betung-Jambi Seksi IV Capai 80 Persen

Jalan tol ini akan menghubungkan Kelurahan Tempino dan Kelurahan Pijoan, Sumsel.

Foto udara pengerjaan proyek Jalan Tol Trans Sumatera ruas Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) seksi II Jalintim–Musi Landas di Desa Pulo Kerto, Gandus, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (16/12/2021). Progres pengerjaan Tol Kapal Betung seksi II Jalintim–Musi Landas sepanjang 24,9 km telah mencapai 33,68 persen,  seksi III Musi Landas-Betung sepanjang 44,29 km telah mencapai 6,71 persen sedangkan untuk pembebesan lahan secara keseluruhan telah mencapai 85,86 persen atau 1.694 bidang.
Foto: ANTARA/Nova Wahyudi/rwa.
Foto udara pengerjaan proyek Jalan Tol Trans Sumatera ruas Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) seksi II Jalintim–Musi Landas di Desa Pulo Kerto, Gandus, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (16/12/2021). Progres pengerjaan Tol Kapal Betung seksi II Jalintim–Musi Landas sepanjang 24,9 km telah mencapai 33,68 persen, seksi III Musi Landas-Betung sepanjang 44,29 km telah mencapai 6,71 persen sedangkan untuk pembebesan lahan secara keseluruhan telah mencapai 85,86 persen atau 1.694 bidang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) mempercepat pekerjaan proyek Jalan Tol Betung – Jambi Seksi IV dengan mainroad sepanjang 18,5 km. Jalan tol ini akan menghubungkan Kelurahan Tempino dan Kelurahan Pijoan, yang nantinya dapat menghadirkan kemudahan konektivitas di Sumatra Selatan.

”Sampai dengan akhir Maret 2025, progres proyek Jalan Tol Betung – Jambi Seksi IV telah mencapai 80 persen,” kata Direktur Operasi III HKI Aditya Novendra Jaya dalam keterangan resminya ditermia Sabtu (26/4/2025).

Baca Juga

Sejumlah pekerjaan yang telah diselesaikan HKI yakni pekerjaan rigid pada mainroad sepanjang 10,59 km dan erection girder di sepuluh titik. Selain itu, fasilitas utama seperti rest area yang akan dilengkapi dengan masjid dan foodcourt juga sedang dibangun guna menambah kenyamanan bagi pengguna jalan tol.

Dalam proses konstruksi yang dilakukan, HKI menggunakan beberapa teknologi yang membantu memudahkan pengerjaan proyek seperti terrestrial laser scanner. Tujuan dari penggunaan alat ini adalah untuk membuat model 3D dan pengukuran volume beton struktur. Teknologi ini memiliki akurasi tinggi dalam pengukuran serta dokumentasi detail dan presisi.

Selain penggunaan terestrial laser scanner, konstruksi Jalan Tol Betung – Jambi Seksi IV juga mengimplementasikan fotogrametri untuk mendokumentasikan progres konstruksi yang terbangun serta untuk opname progres pekerjaan timbunan tanah.

Penggunaan fotogrametri ini memiliki kelebihan akuisisi data topografi yang lebih cepat dan lebih luas dan apabila jalan tol Betung – Jambi Seksi IV ini nantinya dioperasikan, tol ini akan mempercepat perjalanan dari Tempino ke Pijoan atau sebaliknya yang awalnya membutuhkan waktu kurang lebih satu jam menjadi kurang lebih 30 menit.

Tol ini nantinya juga akan terhubung dengan Jalan Tol Betung – Jambi Seksi III yang kini sudah beroperasi.

“Kami mengharapkan doa dan dukungan dari seluruh masyarakat agar proses pembangunan Jalan Tol Betung–Jambi Seksi IV dapat dilaksanakan dengan lancar dan memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat,” kata Direktur Operasi III HKI , Aditya Novendra Jaya.

Hingga saat ini, HKI masih mengerjakan sejumlah proyek pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) lainnya seperti Jalan Tol Lingkar Pekanbaru, Simpang Palembang – Indralaya, Palembang – Betung Seksi III, Jalan Tol Palembang-Betung Struktur, Betung – Jambi Seksi IA, Betung – Jambi Seksi IB, Betung – Jambi Seksi 2A, Betung – Jambi Seksi 2B, Betung – Jambi Seksi IV, serta Rest Area Tol Medan – Binjai.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement