Rabu 19 Mar 2025 16:00 WIB

Telkom Pastikan Keandalan Jaringan Jelang Lebaran

Pelanggan Telkom Group dapat menikmati layanan 5G di 56 kota seluruh Indonesia.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ahmad Fikri Noor
Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah.
Foto: Antara
Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Ririek Adriansyah mengatakan, kenyamanan pelanggan retail maupun segmen korporasi (B2B) menjadi prioritas dan fokus utama bagi perusahaan selama periode Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2025. Ririek menyampaikan Telkom Group memiliki 158,4 juta pelanggan Telkomsel, 9,69 juta pelanggan IndiHome, 590 ribu pelanggan UMKM, 2.300 pelanggan korporasi, dan 700 pelanggan pemerintahan.

"Telkom Group telah memetakan serta melakukan pengamanan infrastruktur dan layanan telekomunikasi di 476 titik keramaian yang mencakup kawasan wisata dan pusat perbelanjaan, transportasi publik meliputi bandara, pelabuhan, dan stasiun, jalur mudik termasuk rest area dan SPBU, perumahan, serta fasilitas rumah ibadah," ujar Ririek dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (19/3/2025).

Baca Juga

Ririek mengatakan Telkom Group melakukan penguatan lebih dari 234 ribu BTS 4G dan 5G Telkomsel. Pada periode RAFI 2025, pelanggan Telkom Group dapat menikmati layanan 5G di 56 kota seluruh Indonesia.

"Trafik data diperkirakan meningkat hingga 16 persen dibandingkan periode RAFI sebelumnya atau 13,16 persen dibandingkan hari normal, dengan total payload mencapai 69,14 PetaBytes(PB) pada puncak RAFI 2025," ucap Ririek.

Demi memastikan keandalan seluruh infrastruktur dan layanan digitalnya, ucap Ririek, Telkom Group telah melakukan pengujian melalui rehearsal network dan drive test di lebih dari 17 ribu km jalan utama, jalan tol, jalur kereta, serta jalur penyeberangan kapal. Telkom Group juga telah melakukan uji ketahanan (stress test), pengujian ketersediaan jaringan (availability), pemantauan stabilitas koneksi, serta peningkatan cyber security pada seluruh sistem.

"Keandalan infrastruktur dan layanan digital Telkom Group dijaga melalui monitoring secara berkala yang dilakukan di 57 Posko RAFI, meliputi posko nasional, regional, daerah, divisi fungsi, hingga anak perusahaan," lanjut Ririek.

Telkomsel siap mendukung penuh kesiapan infrastruktur dan layanan telekomunikasi digital Telkom Group selama Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2025. Direktur Utama Telkomsel Nugroho mengatakan Telkomsel meningkatkan kapasitas jaringan untuk memastikan kenyamanan pelanggan dalam menikmati layanan digital terbaik di setiap momen Ramadhan dan Idul Fitri.

"Kami bersama Telkom Group dan Kementerian BUMN berkomitmen menghadirkan solusi konektivitas yang tidak hanya andal, tetapi juga menjadikan momen penuh berkah yang terbaik bagi masyarakat," kata Nugroho.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement