Rabu 19 Feb 2025 21:27 WIB

Media Komunikasi PTPN IV Regional I Role Model Bagi Transformasi BUMN

Sudah saatnya perusahaan membuka diri dan mengantisipasi derasnya arus informasi.

Pakar komunikasi Effendi Gazali saat sharing session di Aula Sawit PTPN IV Regional I, Medan, Rabu (19/2/2025).
Foto: PTPN IV
Pakar komunikasi Effendi Gazali saat sharing session di Aula Sawit PTPN IV Regional I, Medan, Rabu (19/2/2025).

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN – Pakar komunikasi Prof Effendi Gazali menyatakan media komunikasi PTPN IV Regional I menjadi role model bagi transformasi BUMN. Sebab, menurut dia, media komunikasi ini berpikir secara visioner.

Stigma tertutup dari perusahaan perkebunan terhadap akses informasi khususnya di tengah perkembangan informasi digital akhirnya dibatalkan dengan eksistensi Media Komunikasi PTPN IV Regional I yang dikenal dengan nama N4RI Media Corporate .

Effendi menyampaikan pandangan tersebut dalam rangkaian kegiatan Talkshow dan Sharing Session Corporate Communication di Aula Sawit PTPN IV Regional I Jl Sei Batanghari No. 2 Medan Rabu, 19 Februari 2025.

‘’Sudah saatnya perusahaan-perusahaan membuka diri dan mengantisipasi derasnya arus informasi,’’ kata Effendi. Sehingga, PTPN IV Regional I yang bergerak dalam industri kelapa sawit bisa jadi pionir guna tercapainya cita-cita dari pemerintah khususnya dalam bidang ketahanan energi dan ketahanan pangan nasional.

Ia menyarankan, ke depannya diperlukan co-creative yang terbentuk di N4RI Media Corporate yang tentu saja dibutuhkan konsistensi dari para Agent of Communication (AoC) yang terbentuk di PTPN IV Regional I.

Jika hal tersebut dilakukan konsisten ia yakin N4RI Media Corporate akan menjadi role model bagi kemajuan media komunikasi korporasi di perusahaan perkebunan dan tidak tertutup kemungkinan bisa menjadi benchmarking bagi perusahaan BUMN.

Region Head PTPN IV Regional I, Rurianto menyatakan di era digital saat ini komunikasi menjadi salah satu elemen kunci dalam membangun citra dan reputasi perusahaan.

Strategi komunikasi yang tepat tak hanya mampu meningkatkan kredibilitas perusahaan juga memperkuat sinergitas dengan media dan stakeholder lainnya yang akhirnya memberikan nilai tambah khususnya untuk membangun citra perusahaan.

Kegiatan talkshow dan sharing session ini juga dihadiri Teguh Usis, konsultan media dan komunikasi Spora Comm yang secara teknis memaparkan bagaimana corporate communication harus dapat sejalan terhadap tujuan dan visi misi program pemerintah.

Menurut Teguh, komitmen terhadap garis-garis besar yang telah ditetapkan dalam bentuk regulasi terhadap aktivitas komunikasi perusahaan merupakan tolok ukur keberhasilan dan efektivitas komunikasi perusahaan dalam membangun citra perusahaan.

Kepala Bagian Sekretariat dan Hukum PTPN IV Regional I sekaligus Pemimpin Redaksi N4RI Media Corporate Dr Christian Orchard Perangin-Angin menyatakan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan Agent of Communication (AoC) perusahaan.

Sehingga mereka memiliki kesamaan langkah, sinergi serta integrasi terhadap informasi dan komunikasi terkait perusahaan.

Setelah satu tahun berjalan, N4RI Media Corporate dan AoC yang dibentuk di PTPN IV Regional I mampu membuktikan komitmen dan konsistensi bahwa telah terjadi peningkatan dan transformasi dari corporate communication. Tentu saja, jelas dia, ini nantinya memberikan nilai tambah bagi pembentukan corporate image.

Acara ini dihadiri para AoC di seluruh Unit Kerja PTPN IV Regional I, dirangkai dengan pemberian santunan kepada anak yatim piatu dari Panti Asuhan Eben Haezer, Panti Asuhan Lima Bintang, dan anak yatim piatu di sekitar Kantor PTPN IV Regional I.

‘’Kedepannya diharapkan terjadi peningkatan dan transformasi yang konsisten ke arah lebih baik sehingga N4RI Media Corporate dapat mengimplementasikan semboyannya Transformation Communication for Better Corporate Image,’’pungkas Christian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement