Selasa 11 Feb 2025 08:58 WIB

BYD tak akan Lagi Nomor Satu di China, Dongfeng Motor dan Changan Motors Dirumorkan Merger

Penjualan gabungan kedua grup ini menyalip BYD.

Manajemen Changan saat memaparkan strategi global.
Foto: carNewsChina.com
Manajemen Changan saat memaparkan strategi global.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Awal pekan ini, beberapa perusahaan otomotif China dirumorkan akan merger. Pabrikan di bawah Dongfeng Motor Corporation (seperti Dongfeng Motor Group dan Dongfeng Honda) dan China South Industries Group (CSGC, perusahaan induk Changan Motors) secara bersamaan mengumumkan bahwa mereka sedang berdiskusi dengan perusahaan milik negara (BUMN) lainnya mengenai restrukturisasi.

Namun, pengumuman bersamaan tersebut menekankan bahwa hal ini tidak akan menyebabkan perubahan kepemilikan perusahaan, meskipun beberapa pemegang saham pengendali dapat berubah. Pemegang saham pengendali utama akan tetap menjadi Komisi Pengawasan dan Administrasi Aset Milik Negara dari Dewan Negara (SASAC), pengawas BUMN yang dikelola pemerintah.

Baca Juga

Spekulasi dan tantangan merger

Pengumuman ini telah memicu spekulasi luas di industri. Waktu pengumuman dari dua produsen mobil milik negara utama tersebut memunculkan rumor apakah merger akan segera terjadi. Entitas gabungan Dongfeng-Changan kemungkinan akan mencatat penjualan lebih dari 4,5 juta kendaraan per tahun, menyalip BYD.

Restrukturisasi Dongfeng dan Changan ini sejalan dengan upaya SASAC baru-baru ini untuk mengoptimalkan perusahaan milik negara. SASAC menyatakan pada tahun 2024, mereka bertujuan untuk mengurangi persaingan internal dan bertujuan untuk spesialisasi yang berfokus pada sektor-sektor tertentu dengan perusahaan yang mereka kelola.

Namun, merger penuh akan menghadapi tantangan, karena Dongfeng dan Changan memiliki struktur kepemilikan yang berbeda di mana Dongfeng beroperasi sebagai BUMN independen. Sementara Changan berada di bawah kendali produsen amunisi, mobil, dan elektronik CSGC. Restrukturisasi besar-besaran seperti itu juga akan memerlukan reorganisasi tidak hanya produsen itu sendiri, tetapi juga investasi dan anak perusahaan mereka.

Selain itu, Dongfeng dan Changan memiliki sejarah merek yang kuat dan tumpang tindih dengan lini produk mereka dalam hal kisaran harga. Penggabungan dapat menyebabkan persaingan internal dan kanibalisasi merek. Struktur manajemen juga perlu diintegrasikan, menambah restrukturisasi modal yang sudah rumit.

Telah berspekulasi bahwa penggabungan penuh mungkin bukan tujuan akhir karena kedua perusahaan mungkin mengincar "model aliansi". Ini dapat melibatkan kerja sama strategis di bidang-bidang seperti R&D, rantai pasokan, dan ekspansi internasional, yang memungkinkan masing-masing perusahaan mempertahankan independensi. Contoh yang relevan adalah Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi, sebuah model yang membantu mengurangi biaya sambil mempertahankan identitas merek.

sumber : carNewsChina.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement