REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merek fashion lokal perempuan Indonesia, tampil di ajang Modest Fashion and Art Trade Show Istanbul,Turki. NOIE STUDIOS memperkenalkan kekayaan Indonesia lewat rancangan koleksi busana terbarunya bertemakan ‘Heart of Home’.
Ajang dunia Modest Fashion and Art Trade Show sendiri tahun ini diikuti lebih dari 300 peserta dari mancanegara yang memperkenalkan inovasi fashion dan seni. Ajang tersebut berlangsung di IFM Istanbul Expo Center mulai dari 27 hingga 30 November 2024.
Diah Dewi Intariani, desainer NOIE STUDIOS, menjelaskan bahwa brand tersebut tidak hanya menciptakan pakaian yang menarik tetapi juga membawa kisah tersendiri di baliknya. “Inspirasi di balik koleksi kami yang bertema ‘Heart of Home’ datang dari Indonesia sebagai rumah dari kekayaan budaya dan tradisi di nusantara. Di dalam aspek budaya, kami berfokus pada keberagaman rumah adat yang memiliki kisah unik, serta mencerminkan aspek dari identitas masyarakatnya,” jelas Diah lewat keterangan tertulis.
Koleksi ‘Heart of Home’ yang ditampilkan di Modest Fashion and Art Trade Show terdiri dari 24 set pakaian yang menggabungkan antara bahan denim sebagai ciri khas dengan berbagai ilustrasi yang menggambarkan keberagaman Rumah Adat Indonesia.
Desain koleksi ini menonjolkan pola yang terinspirasi dari rumah adat di Indonesia, yang terdiri dari motif dari Mentawai, Papua, Baduy, Sulawesi, dan NTT, serta dipadu padankan dengan sentuhan flora dan fauna yang juga menjadi ciri khas dari masing-masing daerah tersebut.
Sebelum melenggang di panggung internasional, NOIE STUDIOS telah berkarya sejak 2021 lewat 4 koleksi fashion dengan tema yang berbeda dan meraih berbagai pencapaian, termasuk penampilan di UI Fashion Week dan menjadi bagian dari official wardrobe film "Mencuri Raden Saleh."
Partisipasi di Modest Fashion and Art Trade Show adalah langkah strategis untuk memperluas jangkauan pasar internasional dan membuktikan bahwa bentuk fashion Indonesia dapat diterima secara global.
Franka Soeria sebagai Co-founder #MARKAMARIE & Global Head Council of Modest Fashion mengungkapkan, brand lokal Indonesia menunjukkan potensi besar dari keterampilan anak muda sebagai pelaku ekonomi kreatif.
"Modest Fashion and Art Trade Show menjadi ajang kesempatan untuk mengasah bibit talenta anak muda Indonesia di bidang fashion menuju Indonesia Emas 2045,"ujar dia.
Setelah gelaran Modest Fashion and Art Trade Show, NOIE STUDIOS berkomitmen untuk terus berinovasi dan memperkenalkan lebih banyak aspek budaya Indonesia, baik secara nasional maupun di panggung internasional pada kesempatan selanjutnya. "Kami berharap Noie dapat membangun kemitraan yang lebih luas dan hadir lebih dekat di berbagai kesempatan agar lebih banyak orang mengenal kreativitas dan karya busana dari anak muda Indonesia,”jelas Diah.