Ahad 27 Oct 2024 08:43 WIB

Pentingnya Sertifikasi di Tengah Tren Produk Halal yang Terus Meningkat

Kecap Manis ABC menaruh komitmen terkait produk halal.

Penghargaan terkati komitmen halal kepada Kecap Manis ABC.
Foto: Dok. Abc
Penghargaan terkati komitmen halal kepada Kecap Manis ABC.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia, dengan populasi Muslim terbesar kedua di dunia setelah Pakistan, memainkan peran penting dalam pertumbuhan pasar halal global. Menurut laporan State of the Global Islamic Economy 2023/2024, belanja produk halal global oleh konsumen Muslim diperkirakan akan mencapai $1,89 triliun pada tahun 2027. Hal ini menunjukkan potensi yang sangat besar bagi produsen makanan dan minuman halal seperti Kecap Manis ABC.

"Kami melihat bahwa tren kebutuhan produk halal terus meningkat, terutama di Indonesia. Ini adalah peluang besar bagi kami sebagai produsen makanan dan minuman untuk senatiasa tetap relevan dengan kebutuhan konsumen. Kecap ABC telah mendapat sertifikasi halal sejak tahun 2009, dan saat ini seluruh produk ABC telah bersertifikat halal. Komitmen untuk menjaga hal ini telah dan akan terus menjadi prioritas utama bagi ABC", kata Andrew Hallatu, Head of External Communication ABC Indonesia​.

Baca Juga

Sebagai bagian dari komitmen untuk menjaga kehalalan setiap produknya, ABC secara konsisten telah meraih penghargaan TOP Halal Award sejak 2022. Dalam dua ajang IHATEC TOP Halal Award 2023-2024, secara berturut-turut ABC berhasil memperoleh empat penghargaan sekaligus, mengukuhkan posisinya sebagai salah satu produsen makanan halal terkemuka di Indonesia.

Penghargaan yang diperoleh meliputi kategori produk sarden, kecap, saus sambal, dan sirup, yang semuanya telah diakui sebagai produk halal terbaik pilihan konsumen​. Keberhasilan ini mencerminkan dedikasi ABC Indonesia dalam menjaga standar kualitas dan kehalalan di setiap produk yang dipasarkan.

Sertifikat halal tidak hanya menjadi syarat dalam memenuhi regulasi, tetapi juga bagian dari komitmen jangka panjang perusahaan untuk memberikan yang terbaik bagi konsumen. Dalam menjalankan komitmen ini, ABC menerapkan Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH) di seluruh rantai produksinya. Mulai dari bahan baku, proses produksi, hingga distribusi, semua diawasi secara ketat untuk memastikan bahwa standar kehalalan selalu terjaga. "Kami selalu memastikan bahwa setiap tahap proses produksi telah memenuhi standar halal," kata Andrew.

Untuk memastikan penerapan SJPH yang konsisten, setiap pabrik ABC memiliki tim khusus yang telah tersertifikasi dalam pengelolaan produk halal. Mereka bertanggung jawab atas pengawasan operasional di pabrik dan memastikan setiap bahan baku yang digunakan berasal dari pemasok yang telah terdaftar dan lolos seleksi ketat.

"Tak hanya itu, tim juga melakukan pelatihan tahunan bagi para pekerja untuk memastikan mereka selalu mengetahui prosedur terbaru terkait kehalalan. ABC Indonesia tidak hanya berfokus pada pencapaian sertifikasi, tetapi juga memastikan kehalalan sebagai elemen yang terintegrasi dalam setiap aspek bisnis mereka, sejalan dengan nilai perusahaan yang menempatkan konsumen sebagai prioritas utama," kata Andrew.

Untuk terus relevan di pasar yang dinamis, pada tahun ini ABC kembali menegaskan kehadirannya lewat kampanye terbaru ‘ABC-Ahlinya Buat Citarasa’, yang menekankan dedikasi ABC dalam proses dan para ahli yang terlibat di balik kehadiran seluruh produknya, untuk citarasa yang terbaik. Bagian integral dari kampanye ini adalah peluncuran AKADEMI ABC, sebuah pelantar kreativitas citarasa yang menyediakan wadah interaktif bagi para penggemar kuliner. Melalui AKADEMI ABC, konsumen, khususnya generasi muda, bisa mengakses berbagai pelatihan keterampilan memasak, tips, demo masak, serta beragam kreasi menu yang dapat diakses baik secara daring maupun luring.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement