Jumat 25 Oct 2024 07:50 WIB

Dorong Implementasi Transisi Energi Berkeadilan Daerah di Era Prabowo-Gibran

Hingga 2022, hanya tujuh provinsi yang berhasil mencapai target realisasi EBT.

Rep: Frederikus Dominggus Bata / Red: Gita Amanda
Pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka pada Ahad (20/10/2024) menandai peralihan kepemimpinan untuk mempercepat transisi energi di Indonesia.  (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka pada Ahad (20/10/2024) menandai peralihan kepemimpinan untuk mempercepat transisi energi di Indonesia. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka pada Ahad (20/10/2024) menandai peralihan kepemimpinan untuk mempercepat transisi energi di Indonesia. Sebagai negara yang berkomitmen menjaga suhu bumi di batas 1,5 derajat Celcius, Institute for Essential Services Reform (IESR) mendorong Indonesia untuk memprioritaskan transisi energi berkeadilan. 

Ini demi menumbuhkan ekonomi berkelanjutan. Terutama di tingkat daerah. IESR menilai, pemerintah pusat dan pemerintah daerah dapat memainkan perannya untuk mendukung percepatan transisi energi yang adil secara efektif di tingkat daerah. 

Baca Juga

Meski 33 provinsi di Indonesia telah memiliki Rencana Umum Energi Daerah (RUED), banyak dari rencana tersebut seharusnya perlu ditinjau ulang karena sudah lima tahun sejak dirilis. Hingga 2022, hanya tujuh provinsi yang berhasil mencapai target realisasi bauran energi terbarukannya. Secara rata-rata, selisih antara target dan realisasi bauran energi terbarukan yang belum tercapai adalah 10 persen.

Koordinator Riset Sosial Kebijakan dan Ekonomi, IESR, Martha Jessica memaparkan, tantangan terbesar dalam implementasi RUED adalah keterbatasan kapasitas fiskal serta jalur perencanaan energi daerah yang panjang karena harus diselaraskan dengan rencana pembangunan daerah. Kewenangan tambahan untuk pengelolaan energi terbarukan dari Perpres 11/2023 di tingkat daerah memberikan kesempatan bagi daerah untuk berperan lebih besar dalam transisi energi. Pada saat yang sama diperlukan dukungan kebijakan fiskal yang memadai agar daerah dapat mengoptimalkan tambahan kewenangan ini untuk mendukung pencapaian target energi terbarukan.

"Proporsi alokasi belanja program energi terbarukan dalam urusan energi di daerah saat ini masih rendah, dengan rata-rata sebesar 18 persen. Ini menunjukkan bahwa meskipun potensi energi terbarukan sangat besar di Indonesia, upaya realisasinya masih memerlukan penguatan dan koordinasi yang lebih baik,” kata Martha dalam sebuah acara di Palembang pada awal pekan ini, diedarkan lewat keterangan resmi IESR, Jumat (25/10/2024).

Untuk mengatasi tantangan mempercepat transisi energi, IESR merekomendasikan tiga langkah strategis. Pertama, pemerintah pusat perlu menyusun kerangka kebijakan jangka panjang yang jelas dan merincikan implementasi hingga tingkat utilitas. Kebijakan ini harus mencakup dukungan regulasi yang memungkinkan percepatan investasi di sektor energi terbarukan. Kedua,  penguatan kualitas anggaran dan kebijakan fiskal-moneter yang mendukung investasi energi terbarukan perlu dilakukan, dengan memperbaiki alokasi belanja publik yang lebih fokus pada energi bersih. Ketiga, pelibatan pemerintah daerah, lembaga pendidikan lokal, dan masyarakat dalam perencanaan serta implementasi transisi energi menjadi kunci utama. Partisipasi aktif dari berbagai pihak di daerah akan mendorong realisasi yang lebih cepat dan efisien. 

Perencana Ahli Pertama, Kementerian PPN/Bappenas Dyah Perwitasari menuturkan, pemerintah telah mengintegrasikan transisi energi berkeadilan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045. Kebijakan tersebut diarahkan untuk mendorong penerapan ekonomi hijau berbasis pembangunan rendah karbon.  

"Energi berperan sebagai modal dasar untuk transformasi ekonomi sekaligus sebagai daya dukung pembangunan di segala bidang. Untuk itu dibutuhkan perencanaan yang THIS (Thematic, Holistic, Integratif dan Spasial) untuk memperkuat ketahanan energi, salah satunya melalui transisi energi,” jelas Dyah.  

Kepala Bidang Energi, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sumatera Selatan,  Aryansyah Ahmad Sulaiman Soleh, menegaskan pentingnya peran pemerintah daerah dalam mewujudkan transisi energi di daerah. Sumsel yang memiliki potensi energi terbarukan sebesar 21.032 MW, telah memanfaatkan 989,12 MW atau 4,70 persen dari potensi tersebut pada 2023. Untuk itu, sinergi antara pemerintah daerah, akademisi, BUMN, sektor swasta, dan masyarakat akan menjadi kunci dalam mempercepat realisasi target-target energi terbarukan.

"Dalam lima tahun ke depan, kami memiliki rencana pengembangan energi terbarukan di Sumatera Selatan, di antaranya penyiapan survei dan studi kelayakan proyek energi baru terbarukan, penyempurnaan regulasi, peningkatan kapasitas Pembangkit Listrik Panas Bumi seperti PLTP Lumut Balai 55 MW dan PLTP Danau Ranau 20 MW, dan kerjasama internasional dengan pengembang dari China untuk pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) hingga 300 MW,"  kata Aryansyah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement