Selasa 01 Oct 2024 08:00 WIB

UE akan Melanjutkan Perundingan Kendaraan Listrik China

Pekan ini Komisi Eropa akan mengadakan pemungutan suara.

Kendaraan Tesla Model 3 buatan China terlihat selama acara pengiriman di pabriknya di Shanghai, China, 7 Januari 2020.
Foto: REUTERS
Kendaraan Tesla Model 3 buatan China terlihat selama acara pengiriman di pabriknya di Shanghai, China, 7 Januari 2020.

REPUBLIKA.CO.ID,BRUSSELS- Komisi Eropa (UE) bersedia untuk terus bernegosiasi dengan China mengenai kesepakatan potensial untuk menghindari tarif pada kendaraan listrik China bahkan setelah tarif tersebut diberlakukan.

Pejabat senior UE pada hari Senin (30/9/2024) mengatakan UE yang sedang melakukan investigasi anti-subsidi terhadap kendaraan listrik buatan China, telah mengirimkan usulannya untuk tarif akhir pada kendaraan tersebut kepada 27 anggota UE yang mendukung tingkat yang dihitungnya pada bulan September. Tiga sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan Komisi telah menetapkan pemungutan suara untuk hari Jumat.

Baca Juga

Pada saat yang sama, komisi tersebut menyertakan teks tambahan yang disebut pertimbangan yang menyatakan bahwa pembicaraan sejauh ini dengan China belum menyelesaikan perselisihan atas dugaan subsidi China, tetapi negosiasi tentang kemungkinan kompromi dapat berlanjut bahkan jika negara-negara UE menyetujui tarif tersebut.

Komisi telah mengatakan bahwa mereka dapat memeriksa kembali komitmen harga - yang melibatkan harga impor minimum dan biasanya batasan volume - setelah sebelumnya menolak yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan China.

Direktur jenderal komisi yang bertanggung jawab atas pertahanan perdagangan Martin Lucas mengatakan kepada Parlemen Eropa pada hari Senin bahwa pembicaraan teknis dengan China telah meningkat hampir setiap hari dan dapat diperpanjang setelah akhir Oktober.

"Kesimpulan dari investigasi ini tidak serta merta menjadi akhir dari konsultasi dengan Tiongkok untuk menemukan solusi. Investigasi ini memiliki tenggat waktu hukumnya sendiri dan kami tidak boleh melewatkannya. Langkah-langkah pasti harus dilakukan paling lambat 31 Oktober," kata Lucas.

Lucas mengatakan komitmen harga atau solusi lain masih dapat diterima setelah tanggal tersebut.

Pembuat mobil Tiongkok telah mengajukan penawaran revisi yang masih belum dapat diterima, lanjutnya, meskipun beberapa kemajuan telah dicapai sejak saat itu.

Tarif yang diusulkan bervariasi dari 7,8 persen untuk Tesla kendaraan listrik yang dibuat di Tiongkok hingga 35,3 persen untuk SAIC kendaraan listrik, dan perusahaan lain yang dianggap tidak bekerja sama dengan investigasi Komisi. Tarif tersebut berada di atas bea masuk mobil standar UE sebesar 10 persen.

Anggota UE akan memberikan suara pada hari Jumat untuk menentukan apakah akan mendukung tarif final atau "definitif" untuk lima tahun ke depan. Tarif tersebut akan diberlakukan kecuali jika mayoritas yang memenuhi syarat dari 15 negara UE yang mewakili 65 persen populasi UE memberikan suara menentang.

Keputusan, yang mungkin memerlukan putaran pemungutan suara kedua, harus diambil sebelum 30 Oktober.

Jika tarif definitif diberlakukan, itu berarti bea masuk sementara yang berlaku sejak Juli juga harus dibayarkan. Hingga akhir investigasi UE, perusahaan dapat menanggungnya dengan jaminan bank.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement