Ahad 29 Sep 2024 17:36 WIB

Tersangkut Kasus Perdagangan Seks, Ini Sumber Kekayaan P Diddy

Pada tahun 2022, kekayaan bersih P Diddy telah mencapai 1 miliar dolar AS.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Gita Amanda
Rapper Sean
Foto:

 

Berapa kekayaannya sebelum tuduhan tersebut?

Dalam sebuah wawancara pada tahun 1999, P Diddy mengatakan kepada Forbes bahwa ia "ingin menjadi sangat, sangat kaya." Pada tahun 2022, kekayaan bersih P Diddy telah mencapai 1 miliar dolar AS seperti yang ditulis Zack O'Malley Greenburg, penulis biografi Jay-Z "Empire State of Mind," yang melacak musisi hip-hop terkaya.

Tahun lalu, Forbes menurunkan angka 1 miliar dolar AS dan tren itu terus berlanjut selama beberapa tahun terakhir. Forbes mengatakan kekayaannya mencapai 550 juta dolar AS pada tahun 2012 dan 700 juta dolar AS pada tahun 2014.

Diddy menyatakan dirinya sebagai miliarder pada tahun 2017 tetapi kemudian menariknya kembali, dengan mengatakan bahwa perlombaan untuk menjadi miliarder hip-hop pertama masih berlangsung. Forbes memperkirakan kekayaannya saat itu mencapai 820 juta dolar AS. Adapun pemenangnya adalah Jay-Z, yang menjadi miliarder sebelum P Diddy pada tahun 2019.

Sementara berdasarkan portofolio real estat milik Diddy mencakup properti besar di Star Island, Miami , senilai 36 juta dolar AS. Menurut penilaian daerah, dan rumah besarnya di Los Angeles dipasarkan dengan harga 61,5 juta dolar AS.  

Berapa perkiraan kekayaan P Diddy saat ini?

Forbes memperkirakan kekayaan bersihnya sekitar 400 juta dolar AS atau Rp 6,05 triliun per Juni. Seiring meningkatnya tuduhan pelecehan seksual, mitra bisnisnya pun banyak yang memilih mundur. Akibatnya merek-merek milik P Diddy menjadi semakin tidak bernilai.

Diddy juga telah menghabiskan banyak uang untuk memberesi permasalahan hukum yang sedang ia hadapi. Padahal, pada bulan November, Diddy mencapai kesepakatan dengan Ventura, yang ketentuannya belum diungkapkan. “Sebelum gugatan diajukan, Combs diduga menawarkan "delapan angka" kepadanya untuk membatalkannya,” ungkap Pengacara Combs, Marc Agnifilo. 

Usai penangkapan Combs pada 16 September, Marc Agnifilo menyatakan pihaknya siap untuk melawan tuduhan tersebut, yang akan menjadi biaya besar lainnya. Tim hukumnya akan bekerja keras untuk kasus Diddy yang sudah berjalan hampir enam bulan, setelah rumahnya digerebek oleh penyidik federal pada Maret tahun ini.

Dalam dakwaan, jaksa federal mencatat bahwa Diddy mampu melakukan tindakannya sebagian besar karena kekuasaan, uang, dan pengaruh yang telah dikumpulkannya. "Combs mengandalkan karyawan, sumber daya, dan pengaruh dari kerajaan bisnis multi-segi yang dipimpin dan dikendalikannya, ia menciptakan perusahaan kriminal yang anggotanya dan rekan-rekannya terlibat dalam, dan berusaha terlibat dalam, antara lain kejahatan, perdagangan seks, kerja paksa, penculikan, pembakaran, penyuapan, dan penghalangan keadilan," seperti tertulis dalam dakwaan setebal 14 halaman tersebut.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement