Rabu 25 Sep 2024 22:39 WIB

Sebanyak 19 Merek Kendaraan Tampil di GIIAS Bandung 2024

GIIAS Bandung 2024 yang dibuka hari ini menghadirkan teknologi otomotif terbaru.

Perhelatan GIIAS Bandung 2024 resmi dibuka hari ini, Rabu (25/9/2024) berlangsung selama lima hari hingga Ahad (25/9/2024).
Foto: REPUBLIKA/FIRKAH FANSURI
Perhelatan GIIAS Bandung 2024 resmi dibuka hari ini, Rabu (25/9/2024) berlangsung selama lima hari hingga Ahad (25/9/2024).

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG–Perhelatan GIIAS Bandung 2024 resmi dibuka hari ini, Rabu (25/9/2024). Berlangsung selama lima hari hingga Ahad (25/9/2024) di Sudirman Grand Ballroom, Bandung, GIIAS Bandung 2024 menampilkan keseruan, model dan teknologi otomotif terbaru.



Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi dalam sambutannya menyampaikan pentingnya penyelenggaraan pameran otomotif di daerah-daerah strategis sebagai bagian dari komitmen Gaikindo untuk terus mendorong pertumbuhan industri otomotif nasional.

Baca Juga

“GIIAS Bandung 2024 tidak hanya menjadi ajang untuk memperkenalkan inovasi dan model terbaru, tetapi juga sebagai dorongan bagi pertumbuhan industri otomotif di provinsi Jawa Barat,” ucap Nangoi arena pameran GIIAS Bandung 2024, Rabu (25/9/2024)

Nangoi mengatakan semangat pasar harus terus dijaga oleh karena itu keberhasilan pameran otomotif menjadi salah satu sinyal positif pertumbuhan industri. Ia juga menyampaikan apresiasi Dari industri otomotif kepada pemerintah, baik Kementerian Perindustrian, Kementerian Perhubungan, dan pemerintah provinsi Jawa Barat atas dukungan penuhnya kepada industri otomotif Indonesia.



Plt Direktur Jenderal ILMATE Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika dalam sambutannya membenarkan posisi pentingnya penyelenggaraan rangkaian seri pameran GIIAS. “Penyelenggaraan GIIAS Bandung 2024 ini merupakan bukti komitmen industri otomotif Indonesia dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya di sektor alat transportasi dan kendaraan bermotor,” ucapnya.

Kementerian Perindustrian akan terus mendorong pengembangan teknologi otomotif yang ramah lingkungan, termasuk teknologi kendaraan listrik dan hybrid, yang menjadi bagian penting dari upaya mencapai target Net Zero Emission Indonesia pada tahun 2060,” jelas Putu Juli.

Sementara, Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan RI, Risyapudin Nursin juga menekankan pentingnya mendukung peningkatan industri otomotif yang ramah lingkungan, “Sebagaimana kita ketahui bersama, sektor transportasi merupakan salah satu aspek penting dalam menciptakan konektivitas yang terintegrasi di seluruh penjuru negeri,” ucapnya.

Oleh karena itu, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat senantiasa mendukung setiap upaya peningkatan standar keselamatan, inovasi teknologi, serta efisiensi energi yang sejalan dengan upaya pemerintah dalam mengurangi emisi karbon dan memperbaiki kualitas udara. “Berbagai kebijakan telah kami tetapkan untuk mendorong pengembangan industri otomotif yang selamat, aman, berkelanjutan, serta mampu bersaing secara global," tuturnya.

Area kompak seluas lebih dari delapan ribu meter persegi mendorong peserta tampil kreatif dan maksimal, total 19 merek kendaraan global berpartisipasi pada GIIAS Bandung 2024, memboyong model dan produk terbaru dan terbaiknya khusus untuk masyarakat Jawa Barat.

Sebanyak 13 merek kendaraan penumpang yaitu BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, GAC Aion, hadir dengan memamerkan lini kendaraan serta produk otomotif terbaru dengan teknologi terkini. Selain itu juga ada Honda, KIA, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, dan Wuling.  Serta dari kendaraan komersial Toyota Commercial akan turut hadir membawa kendaraan komersial unggulannya. 

Sementara, dari kendaraan roda dua, 5 merek turut hadir di GIIAS Bandung 2024 yaitu Alva, Benelli, Keeway, Royal Enfield, dan Scomadi, selain itu GIIAS Bandung 2024 juga didukung merek-merek dari berbagai lini industri pendukung otomotif.  

Nangoi juga menyampaikan bahwa menjadi agenda GAIKINDO kedepannya untuk terus mengembangkan GIIAS Bandung. “Dukungan maksimal Dari  total 19 merek kendaraan bermotor di GIIAS Bandung tahun ini, menjadikannya platform efektif untuk memperkenalkan model dan teknologi terbaru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement