Selasa 10 Sep 2024 09:45 WIB

4 Alasan Mengapa Payment Gateway Semakin Diminati dan 4 Panduan Transaksi

Transaksi payment gateway semakin diminati masyarakat

Belanja Online. Ilustrasi. Transaksi payment gateway semakin diminati masyarakat
Foto: Istimewa
Belanja Online. Ilustrasi. Transaksi payment gateway semakin diminati masyarakat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Masyarakat kini  semakin dimudahkan dalam hal bertransaksi secara digital atau online. Hal ini tak terlepas dari perkembangan teknologi finansial. Di antara contoh kemudahan tersebut adalah payment gateway yang banyak diminati.

Secara sekilas.Tak hanya menjamin keamanan transaksi, payment gateway juga memungkinkan masyarakat untuk melakukan pembayaran dengan beragam metode, kapan pun dan di mana pun.

Baca Juga

Layanan payment gateway sendiri disediakan oleh penyedia payment gateway, salah satunya adalah Aspire App Namun, apakah Anda sudah tahu bagaimana cara kerjanya? 

Definisi

Payment gateway adalah software di bidang keuangan yang digunakan untuk memproses pembayaran secara digital. Sistem pembayaran digital ini banyak digunakan oleh e-commerce untuk proses transaksi yang mudah dan cepat.

Pasalnya, teknologi ini bisa menerima berbagai metode pembayaran, seperti transfer bank, kartu kredit, dan e-wallet dengan waktu proses sangat cepat.

Adapun sistem penunjang software ini antara lain verification system, security code, dan 3D secure password. Sistem inilah yang akan memberi jaminan keamanan bagi konsumen ketika melakukan transaksi.

Manfaat

Jika Anda adalah pelaku bisnis digital yang menerima pembayaran online, maka sarana ini akan bermanfaat bagi Anda. Pasalnya, terdapat sejumlah manfaat yang bisa Anda rasakan apabila menggunakan layanan keuangan ini untuk bisnis.

1. Bisa untuk semua jenis pembayaran

Layanan keuangan ini juga bisa digunakan untuk semua jenis atau metode pembayaran. Jadi, pelanggan Anda tidak perlu takut bertransaksi apabila memiliki rekening bank yang berbeda dengan Anda. Apabila sudah bekerja sama dengan satu layanan, penjual bisa menerima segala jenis pembayaran.

2. Rekap pembayaran otomatis

Dalam menjalankan bisnis, Anda tentunya perlu menyusun laporan keuangan secara rutin. Oleh karena itu, penggunaan layanan ini bisa menjadi solusi praktis. Pasalnya, sistem akan mencatat semua transaksi setiap hari. Jadi, Anda  bisa melakukan pemeriksaan arus pembayaran secara berkala dengan cepat

3. Memudahkan proses pembayaran digital

Manfaat utamanya adalah untuk mempermudah proses pembayaran digital. Pasalnya, pelanggan Anda bisa melakukan transaksi secara online tanpa harus pergi ke bank terlebih dahulu atau bertemu langsung dengan penjual. Oleh karena itu, proses transaksi bisa berjalan lebih cepat dan praktis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement