Kamis 05 Sep 2024 22:17 WIB

Catatkan Kinerja Produksi Operasional Positif, SPSL Tingkatkan Layanan

Layanan ditingkatkan sebagai bentuk peningkatan kinerja

Pekerja beraktivitas di dekat peti kemas (ilustrasi). Layanan ditingkatkan sebagai bentuk peningkatan kinerja
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pekerja beraktivitas di dekat peti kemas (ilustrasi). Layanan ditingkatkan sebagai bentuk peningkatan kinerja

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Pertumbuhan kinerja produksi operasional yang positif pada semester I tahun 2024 berhasil dicatatkan PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) Sebagai Subholding dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kepelabuhanan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) (Pelindo), yang bergerak di bidang logistik dan hinterland development.

"Dengan pertumbuhan kinerja produksi operasional perusahaan yang didukung oleh perbaikan standardisasi operasi yang terus berjalan di internal perusahaan maupun peningkatan sinergi dan kolaborasi dengan para pelanggan dan para stakeholders, kami optimis dapat memenuhi harapan para pemegang saham," ujar Senior Vice President Sekretariat Perusahaan SPSL, Kiki M Hikmat, di Jakarta (5/9/2024).

Baca Juga

Pada semester I tahun ini, kinerja produksi operasional layanan pergudangan dan lapangan masing-masing meningkat sebesar 20,5 persen dan 42,7 persen. dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Pertumbuhan positif juga terlihat pada kinerja produksi operasional layanan multimoda yang naik 78,2 persen.

Kiki menjelaskan, seiring dengan pertumbuhan perekonomian Indonesia yang terus membaik sepanjang 2024, produksi dari beberapa pelanggan juga mengalami peningkatan sehingga mendorong peningkatan volume kargo yang di layani perusahaan, baik pada Gudang CFS, Gudang Pendingin (Cold Storage) maupun lapangan domestik dan internasional.

Hal yang sama juga terjadi pada Layanan Multimoda, dimana meningkatnya perkembangan Industri pada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei maupun industri lainnya turut mendorong peningkatan layanan multimoda, khususnya pada rute Belawan- Sei Mangke–Belawan maupun rute Sei Mangke-Kuala Tanjung-Sei Mangkei, dan juga pada rute lainnya yaitu rute Belawan–Pematang Siantar–Belawan yang telah dilayani sejak tahun 2023.

Untuk terus meningkatkan standar layanan guna mendukung peningkatan kinerja operasional perusahaan serta dalam upaya memenuhi kebutuhan pelanggan, SPSL terus melakukan upaya standardisasi dan sistematisasi layanan melalui perbaikan dan peningkatan pada proses, peralatan, SDM, infrastruktur, HSSE, dan teknologi.

Dalam rangka menyediakan layanan solusi logistik yang handal dan aman, selain berupaya untuk meningkatkan kapabilitas operasional, SPSL juga berupaya untuk membangun Budaya Keselamatan Kerja melalui penerapan sejumlah program seperti: safety briefing, safety patrol, safety campaign, safety forum dan Management Walk Through secara berkala, termasuk pemasangan rambu dan marka serta sterilisasi area operasional.

“Kami berkomitmen untuk terus melakukan upaya-upaya perbaikan yang berkelanjutan, baik pada program standarisasi maupun sistemisasi layanan guna mengoptimalkan kinerja operasional. Kami yakin dengan perbaikan internal yang terus dilakukan serta sinergi dan kolaborasi yang baik dengan para pelanggan dan stakeholders yang terus ditingkatkan, SPSL akan mampu mewujudkan kinerja yang lebih baik di masa mendatang," tutup Kiki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement