REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI melalui program Xpora menjalin kerja sama strategis dengan PT Reska Multi Usaha (KAI Services) dalam upaya memperluas akses pasar bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Melalui kerja sama ini, produk-produk UKM akan semakin mudah dijangkau oleh masyarakat luas, khususnya khususnya dalam hal penyediaan produk snack pada KAI onboard service.
Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) yang berlangsung di Hotel Plataran Kinandari Jakarta belum lama ini. MoU ini ditandatangani oleh Division Head Retail Productive Banking BNI M Safri Hidayat dan Pymt Direktur Utama PT Reska Multi Usaha Lies Permana Lestari. Momen bersejarah ini bertepatan dengan ulang tahun PT Reska Multi Usaha dan BNI yang jatuh pada bulan Juli.
Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo dalam keterangannya mengatakan, melalui MoU ini BNI Xpora akan membantu PT KAI Services untuk menyediakan UKM-UKM dari kategori produk snacks. Termasuk menghubungkan para UKM terpilih untuk business matching dengan PT KAI Services sehingga terpilih produk-produk yang akan disediakan di onboard kereta untuk cakupan Jawa dan Sumatera.
"Kami sangat antusias dengan kerja sama ini. Melalui sinergi ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam memberdayakan UKM dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional," ujar Okki.
Sebagai bagian dari inisiatif ini, BNI Xpora telah mengurasi 11 UKM dengan produk snack terbaik untuk diperkenalkan kepada PT KAI Services. Setelah melalui proses business matching dan pengiriman sampel untuk food testing, terpilih 5 UKM yang produknya akan tersedia di layanan onboard KAI.
Langkah ini tidak hanya memberikan peluang penjualan yang lebih luas bagi UKM, tetapi juga memperkenalkan produk lokal berkualitas kepada para penumpang kereta api. Kolaborasi antara BNI Xpora dan KAI Services ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan dalam pemberdayaan UKM Indonesia.
Dengan memperluas akses pasar, UKM dapat meningkatkan penjualan produk mereka dan memperluas jangkauan distribusi. Selain itu, sinergi ini juga diharapkan dapat membuka peluang bisnis baru bagi kedua belah pihak, serta meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap produk lokal.
Dengan semangat yang sama, BNI Xpora dan KAI Services terus berkomitmen untuk mendukung UKM Indonesia, memberikan peluang yang lebih besar, dan membawa produk lokal ke panggung yang lebih luas. "Kerja sama ini merupakan langkah nyata dalam mewujudkan visi pemberdayaan UKM yang berkelanjutan dan inklusif," kata Okki.
Pymt Direktur Utama PT Reska Multi Usaha, Lies Permana Lestari, menambahkan saat ini produksi UKM sudah sangat baik. Kualitas rasa yang bervariasi dan kemasan yang menarik memberikan keunikan tersendiri bagi produk-produk yang dijual di atas kereta api.
"Dengan kerja sama ini, nantinya penumpang kereta api dapat membeli produk-produk makanan ringan dari UKM binaan BNI yang memiliki kualitas ekspor di atas kereta. Jenis yang bervariasi, rasa yang enak, serta kemasan yang bagus tentunya akan memberikan manfaat ekonomis bagi para penggiat UKM tersebut. Ini juga merupakan wujud nyata dukungan kami terhadap produk lokal, khususnya dari UKM unggulan," jelas Lies.
Untuk tahap awal, pemesanan snack UKM BNI diperkirakan mencapai sekitar 120 ribu per bulan. Jumlah tersebut cukup menjanjikan dan masih terbuka peluang untuk penambahan volume, tergantung pada antusiasme pelanggan dan kondisi penumpang kereta api.