Rabu 10 Jul 2024 02:26 WIB

HK Sebut Dua Ruas Tol di Sumatera Segera Rampung

Hutama Karya telah mengoperasikan Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 800 km.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
Alat berat digunakan untuk menyelesaikan pembangunan ruas jalan Seksi I Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) di Aceh Besar, Aceh, (Ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Khalis Surry
Alat berat digunakan untuk menyelesaikan pembangunan ruas jalan Seksi I Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) di Aceh Besar, Aceh, (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Hutama Karya (Persero) atau HK memastikan dua proyek jalan tol trans Sumatera (JTTS) yang masuk dalam pembangunan tahap I telah menunjukkan progres yang signifikan. Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim mengatakan ketersediaan lahan untuk pembangunan jalan tol Ruas Padang-Sicincin (36 km) di Provinsi Sumatra Barat dan tol ruas Sigli-Banda Aceh Seksi I Padang Tidji-Seulimum (25 km) di Provinsi Aceh sudah hampir selesai, sehingga proses konstruksi diharapkan dapat berjalan lancar.

"Hutama Karya menargetkan dua ruas ini dapat segera rampung di kuartal III dan IV 2024 sehingga konektivitas dan mobilitas antarprovinsi akan semakin lancar," ujar Adjib dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (9/7/2024).

 

Adjib menjelaskan progres pengadaan lahan Jalan Tol Ruas Padang-Sicincin bertumbuh mencapai 96,68 persen, dengan progres konstruksi mencapai 67,20 persen hingga akhir Juni. Sementara progres pengadaan lahan Jalan Tol Ruas Sigli-Banda Aceh Seksi I Padang Tidji-Seulimum sudah mencapai 76,65 persen terhadap Penetapan Lokasi lama dan tambahan dan progres pengerjaan fisik jalan tol ini sudah mencapai 88,55 persen.

 

Adjib menyampaikan jalan tol Padang-Sicincin akan mempersingkat waktu perjalanan dari Padang menuju Sicincin dari 1,5 jam menjadi hanya 30 menit dan berpotensi bagi pengembangan daerah sekitar. Sementara Jalan Tol Sigli-Banda Aceh memiliki panjang keseluruhan total 74 km yang kemudian terbagi menjadi 6 Seksi. "Jika tersambung sepenuhnya, tol Sigli-Banda Aceh akan dilengkapi dengan 6 simpang susun, 7 gerbang tol, dan jumlah lajur 2x2 pada tahap awal dengan kecepatan rencana yakni 100 km per jam," ucap Adjib. 

 

Adjib mengatakan Hutama Karya juga tengah membangun empat buah Tempat Istirahat Pelayanan (TIP) yang ditargetkan rampung pada kuartal III mendatang. Adapun ruas yang telah beroperasi Seksi 2 hingga 6 (Seulimeum-Baitussalam) dengan ekuivalen panjang 49 km. "Jika Seksi I rampung, maka tol Sigli-Banda Aceh akan tersambung sepenuhnya dan dapat mengefisiensikan waktu tempuh dari Sigli ke Banda Aceh yang sebelumnya 2-2,5 jam menjadi 1-1,5 jam perjalanan saja," kata Adjib.

 

Sebelumnya, Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto saat rapat dengar pendapat dengan Komisi XI DPR memaparkan progres terbaru dari pembangunan, serta target konstruksi JTTS. Budi mengatakan Hutama Karya telah mengoperasikan Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 800 km hingga 25 Juni dan direncanakan tahap I dan sebagian tahap II selesai pada 2024.

 

"Hingga saat ini, Hutama Karya telah membangun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sepanjang 1.030 km, termasuk dengan jalan tol dukungan konstruksi. Untuk ruas tol Konstruksi 230 km dan 800 km ruas tol Operasi," kata Budi.

 

Hutama Karya ajukan PMN 2025 Rp 13,86 triliun... (baca di halaman selanjutnya)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement