Kamis 27 Jun 2024 17:50 WIB

Lima Destinasi Wisata yang Cocok untuk Healing, Beli Tiketnya Pakai BRImo

Nasabah dapat memesan tiket perjalanan melalui BRImo.

Puncak Pulau Pandar, Labuan Bajo, NTT yang menjadi salah satu spot terkenal wisatawan.
Foto: Lida Puspaningtyas
Puncak Pulau Pandar, Labuan Bajo, NTT yang menjadi salah satu spot terkenal wisatawan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musim liburan telah tiba! Jadi, sekarang saat yang tepat untuk healing dan istirahat sejenak dari padatnya kesibukan sehari-hari.

Ada banyak destinasi wisata di Indonesia yang cocok untuk tempat melepas penat. Mulai dari pegununan yang sejuk, pantai dengan desir ombak menenangkan, hingga daerah yang cocok untuk menenangkan diri sambil belajar budaya baru, semuanya ada di Indonesia.

Baca Juga

Jadi, yuk langsung kemasi barang-barangmu dan kunjungi 5 destinasi wisata rekomendasi kumparan berikut ini. Saat kembali dari liburan, dijamin pikiranmu akan kembali segar!

1. Kintamani, Bali

Bali tak hanya dikenal dengan pantai-pantainya yang ramai. Pulau Dewata ini juga punya Kintamani yang cocok untuk traveler pecinta suasana tenang.

Kintamani merupakan kawasan di Pulau Bali yang menyuguhkan pemandangan alam serba hijau serta udara sejuk khas dataran tinggi. Saat ke sana, kamu bisa melihat pemandangan sunrise menakjubkan dari puncak Gunung Batur, jalan-jalan santai atau menyewa perahu mengelilingi Danau Batur, dan mampir ke Pura Ulun Danu yang tenang.

2. Dieng, Jawa Tengah

Pemandangan gunung megah, jejeran kebun nan hijau, dan candi peninggalan sejarah jadi daya tarik Dieng yang mungkin jarang dijumpai di destinasi wisata lain. Ditambah suhu dinginnya yang bisa mendekati 0 derajat celcius, membuat suasana di kota yang dijuluki “negeri di atas awan” ini terasa syahdu.

Saat ke Dieng, jangan lewatkan pengalaman mendaki Bukit Sikunir dan nikmati pemandangan matahari terbit di antara gunung kembar Sindoro dan Sumbing. Kalau kamu gemar wisata sejarah, jejaki kawasan Candi Arjuna yang sejuk dan kerap tertutup kabut di pagi hari.

3. Pulau Kolorai, Maluku Utara

Mendengarkan deburan ombak di tepi pantai dan berinteraksi dengan biota laut juga bisa jadi aktivitas yang menenangkan, lho. Apalagi kalau dilakukan di Pulau Kolorai yang memang sudah terkenal dengan keindahan bawah lautnya.

Selain bisa melihat banyak terumbu karang dan ratusan ikan di air laut yang super jernih, Pulau ini juga penuh dengan peninggalan sejarah Perang Dunia Kedua. Ya, di dasar lautnya terdapat jejak-jejak alat perang seperti bangkai kapal laut, pesawat tempur, hingga truk yang tenggelam.

4. Labuan Bajo, NTT

Kalau ingin menikmati pengalaman hidup tanpa intervensi teknologi, coba datang ke Desa Adat Wae Rebo di Labuan Bajo. Di sana, kamu bisa tinggal sejenak dan ikut merasakan kehidupan desa yang jauh dari kebisingan.

Sebelum masuk ke Desa Wae Rebo, kamu harus trekking selama 3-4 jam dari Desa Denge ditemani pemandangan perbukitan yang masih asri. Lalu, kamu akan dipersilahkan menginap di salah satu dari tujuh rumah tradisional Mbaru Niang. Tanpa gadget bahkan saluran listrik, kamu akan diajak berinteraksi langsung dengan sesama pelancong dan warga lokal, menikmati hidangan khas, hingga belajar menenun dan melihat pertunjukan budaya.

5. Pulau Belitung, Bangka Belitung 

Pulau di lepas pantai timur Sumatra ini juga cocok untuk melepas penat, karena beragam pesona alamnya, mulai dari danau, hutan, hingga pantai pasir putih yang jernih. Ada banyak destinasi wisata alam yang bisa didatangi di Belitung untuk melipir dari keramaian.

Seperti Danau Kaolin, bekas lokasi penambangan yang kini menjadi destinasi wisata. Jangan lupa juga untuk mengunjungi Pantai Tanjung Tinggi yang menjadi lokasi syuting Laskar Pelangi, ya!

Berikut cara memesan....

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement