Rabu 12 Jun 2024 12:07 WIB

Growpreneur BRI Dorong UMKM Naik Kelas

UMKM harus terus meningkatkan diri dan berinovasi agar bisa terus bersaing.

Growpreneur by BRI lahir untuk menjadi sarana pendukung UMKM naik kelas, dengan menyediakan wadah berkumpul bagi komunitas UMKM BRI.
Foto: BRI
Growpreneur by BRI lahir untuk menjadi sarana pendukung UMKM naik kelas, dengan menyediakan wadah berkumpul bagi komunitas UMKM BRI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendorong berputarnya roda perekonomian. Dengan UMKM, lapangan pekerjaan semakin luas. Hadirnya UMKM juga mendorong semakin banyak produk dalam negeri, sehingga kita semakin mandiri.

Meskipun kehadirannya berharga, menjalankan UMKM tidak semudah itu. Risiko kegagalan selalu ada. Terlebih lagi dengan kondisi ekonomi yang relatif kurang pasti pascapandemi. Karena itu, UMKM harus terus meningkatkan diri dan berinovasi agar bisa terus bersaing.

Baca Juga

Growpreneur by BRI lahir untuk menjadi sarana pendukung UMKM naik kelas, dengan menyediakan wadah berkumpul bagi komunitas UMKM BRI. Bagaimana cara Growpreneur by BRI mendorong UMKM naik kelas? Simak program, wadah, dan pemberdayaan SDM yang dijalankannya.

Ragam Program Growpreneur by BRI

 

Melalui Growpreneur by BRI, hadir berbagai program untuk mendorong UMKM tumbuh, berkembang, dan berkontribusi bagi perekonomian. Beberapa di antaranya adalah Sunset Talk yang memfasilitasi presentasi dan tanya jawab dinamis antar-UMKM, program Tahu Tech yang mendorong inovasi teknologi di bisnis UMK melalui sesi inklusif, Growpreneur Talks yang menjadi sesi inspiratif dengan networking session, serta talkshow kewirausahaan dalam program Cuan 101.

Selain itu, terdapat pula Growpreneur Market yang merupakan pasar lokal kreatif yang diadakan setiap akhir pekan terakhir di setiap bulannya dan mengundang top 10 SME's pilihan BRI. Untuk mendampingi UKM secara intensif, Growpreneur by BRI juga memiliki program inkubasi yang memberikan pendampingan UMKM selama tiga bulan dengan empat sektor UMKM prioritas yakni fashion dan wastra, food and beverages (kuliner), kriya, dan skincare.

photo
Growpreneur by BRI lahir untuk menjadi sarana pendukung UMKM naik kelas, dengan menyediakan wadah berkumpul bagi komunitas UMKM BRI. - (BRI)

Growpreneur by BRI sebagai wadah UMKM

Growpreneur by BRI mewadahi komunitas UMKM melalui beberapa pusat fasilitas yang mumpuni. Salah satunya adalah Brilianpreneur Corner sebagai pusat informasi signature event UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur serta memamerkan produk-produk alumni Brilianpreneur.

Untuk UMKM dan para member Growpreneur by BRI, bisa memanfaatkan Brismescoffee. Selain area coffee shop, tempat ini juga bisa menjadi area networking, pengadaan event, atau untuk sekadar bersantai di The Gade Coffee shop. Pelaku UMKM juga bisa memanfaatkan coworking space yang disediakan Growpreneur by BRI sebagai tempat bekerja UMKM serta menjadi meeting point UKM.

Pemberdayaan SDM bersama Growpreneur by BRI

Bagi yang sudah memiliki usaha berjalan, dan memiliki potensi untuk berkembang, bisa menjadi anggota Growpreneur by BRI melalui rangkaian pemberdayaan UMKM naik kelas. 

Di era yang semakin canggih, UMKM juga didorong untuk melakukan transformasi digital agar bisa beradaptasi. Growpreneur by BRI juga melahirkan komunitas yang mendukung ekosistem ekonomi kreatif lintas sektor, agar UMKM berjejaring dan berkembang.

Dengan berbagai program, wadah yang mumpuni, dan pemberdayaan SDM, Growpreneur by BRI diharapkan mampu mengembangkan kapasitas UMKM, sehingga bukan hanya bisa mandiri, namun juga bisa berkolaborasi bahkan bersaing secara lokal hingga global.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa kunjungi Growpreneur by BRI. Ikuti juga akun Instagram resmi @bankbri_id untuk beragam informasi terbaru dari BRI.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement