Selasa 11 Jun 2024 17:19 WIB

PGN dan Surge Kerja Sama Penyediaan Jaringan Pipa Gas dan Internet Terjangkau

Kerja sama ini akan mentargetkan 2,5 juta rumah tangga di Pulau Jawa

PT PGN dan PT Solusi Sinergi Digital Tbk-Surge  menjalin kerja sama pengembangan jaringan pipa gas dan penyediaan layanan ICT untuk sektor rumah tangga dan komersial.
Foto: istimewa/doc humas
PT PGN dan PT Solusi Sinergi Digital Tbk-Surge menjalin kerja sama pengembangan jaringan pipa gas dan penyediaan layanan ICT untuk sektor rumah tangga dan komersial.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT PGN Tbk dan PT Solusi Sinergi Digital Tbk-Surge (Wifi.Jk) beserta anak usahanya, PT Integrasi Jaringan Ekosistem (Weave), secara resmi menandatangani Key Term Sheet, yang merupakan pokok-pokok perjanjian kerja sama pengembangan jaringan pipa gas dan penyediaan layanan ICT untuk sektor rumah tangga dan komersial. 

Dalam siaran pers disebutkan, penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Direktur Sales dan Operasi PGN, Ratih Esti Prihatini; dan Presiden Direktur Surge, Yune Marketatmo. Yune mengatakan akan memberikan layanan jaringan gas dan internet handal dengan harga yang terjangkau kepada rumah tangga dan komersial. 

“Kerja sama ini akan mentargetkan 2,5 juta rumah tangga di Pulau Jawa melalui penyediaan infrastruktur jaringan pipa gas oleh PGN dan jaringan internet oleh Surge,” kata Yune, Selasa (11/6/2024). 

Dengan kerja sama ini, menurut Yune, diharapkan akan mempercepat penetrasi serta distribusi jaringan gas beserta internet yang lebih merata, terjangkau. Sehingga akan dapat memberikan dampak pada perkembangan ekonomi masyarakat. 

Pemerintah telah menetapkan target pengembangan jaringan gas rumah tangga sebanyak 2,5 juta sambungan rumah. Melalui kerjasama ini maka PGN dan Surge sepakat untuk melakukan Joint Marketing, Joint Construction, dan/atau Bundling Product atas layanan jargas dan layanan internet untuk sektor rumah tangga dan komersial. 

Dengan kerja sama ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah atas layanan jaringan gas kepada calon pelanggan. Nilai tambah itu berupa layanan berlangganan internet yang terjangkau sehingga dapat meningkatkan nilai keekonomian proyek jargas. 

Yune mengatakan, Surge sangat menyambut baik kolaborasi antara PGN ini. Pihak Surge menyediakan layanan internet bagi PGN dalam meningkatkan utilisasi jaringan pipas gas. 

“Kami akan terus melakukan pengembangan dan pemasaran layanan jargas dan layanan internet untuk sektor rumah tangga dan komersial. Kami akan terus berkoordinasi dan mendukung upaya-upaya yang dilakukan PGN dalam percepatan penyediaan jaringan gas dan intenet bagi rumah tangga yang akan berdampak pada peningkatan ekonomi Indonesia,” papar Yune Marketatmo.

Kerja sama PGN dan SURGE akan bernilai penting untuk mendukung pemerintah dalam mendorong pemanfaatan gas bumi melalui jargas di dalam negeri. Manfaat program jargas dapat membantu mengurangi impor LPG dan menghemat biaya subsidi energi pemerintah. Manfaat pengurangan impor LPG dan biaya subsidi energi akan semakin besar seiring dengan bertambahnya jumlah sambungan rumah tangga.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement