Senin 10 Jun 2024 05:12 WIB

Dua ATPM Penguasa Industri Otomotif Yakin Penjualan Naik di Kuartal II, tapi..

Pengamat yakin penjualan kendaraan roda empat akan sama di Kuartal II

Dua pabrikan besar Jepang, yang memasarkan kendaraan mereka di Indonesia yaitu Astra Daihatsu Motor (ADM) dan Honda Prospect Motor (HPM), meyakini keterpurukan yang terjadi pada kuartal pertama 2024.
Foto: EPA-EFE/ADI WEDA
Dua pabrikan besar Jepang, yang memasarkan kendaraan mereka di Indonesia yaitu Astra Daihatsu Motor (ADM) dan Honda Prospect Motor (HPM), meyakini keterpurukan yang terjadi pada kuartal pertama 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dua pabrikan besar Jepang, yang memasarkan kendaraan mereka di Indonesia yaitu Astra Daihatsu Motor (ADM) dan Honda Prospect Motor (HPM), meyakini keterpurukan yang terjadi pada kuartal pertama 2024 tidak akan berlanjut pada kuartal kedua tahun ini.

Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation Tri Mulyono meyakini bahwa hingga pengujung kuartal kedua industri otomotif akan semakin bertumbuh.

“Daihatsu mengharapkan di pengujung kuartal 2 tahun ini, pasar otomotif dapat terus bertumbuh,” kata Tri Mulyono pekan lalu, Kamis.

Untuk menumbuhkan minat beli ke konsumen Indonesia, pihaknya akan terus menggencarkan berbagai hal positif yang memberikan dampak baik bagi industri tersebut di Tanah Air.

 

Program penjualan yang dibutuhkan oleh masyarakat dalam kondisi saat ini juga akan terus digencarkan oleh Daihatsu Indonesia. Baik program untuk konsumen yang melakukan pembelian secara tunai maupun bertahap yang memang menjadi tulang punggung penjualan di berbagai jenama atau brand.

“Daihatsu terus memberikan program penjualan dan purnajual yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, baik untuk pembelian tunai ataupun pembelian kredit,” lanjut dia.

Konsumen yang melakukan pembelian secara kredit atau bertahap, juga akan diberikan berbagai kemudahan untuk mendapatkan kendaraan yang memang dibutuhkan, khususnya untuk pembelian kredit, yang memberikan kontribusi 80 persen terhadap total penjualan Daihatsu.

Hal yang sama juga dikemukakan oleh pabrikan berlogo H tegak yaitu PT Honda Prospect Motor (HPM), yang mana pihaknya akan terus berupaya untuk bisa mengembalikan kejayaan penjualan kendaraan pada kuartal kedua tahun ini.

“Kami terus memonitor perkembangan ini dengan terus memberikan nilai lebih dengan program penjualan yang mudah dan meringankan ke konsumen dalam memiliki dan merawat kendaraannya,” ucap Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy. Penjualan kendaraan pada bulan Mei sudah memberikan tanda-tanda perbaikan dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya yang mengalami penurunan akibat banyak tanggal merah.

“Untuk awal Q2 (kuartal 2) memang dipengaruhi oleh libur Hari Raya, yang memengaruhi total penjualan pada bulan April. Akan tetapi, bulan Mei sudah kembali naik walaupun belum normal,” tegas dia.

Untuk menjaga tren yang sudah membaik ini, HPM akan terus melakoni berbagai kerja sama dengan pihak-pihak perusahaan pembiayaan yang memang menjadi andalan masyarakat Indonesia untuk membeli kendaraan.

Pihaknya terus menjalin kerjasama dengan lembaga pembiayaan untuk bisa memberikan program penjualan yang meringankan dan memudahkan konsumen dalam memiliki kendaraan.

Data sebelumnya menunjukkan penjualan kendaraan pada kuartal pertama 2024 mengalami penurun yang begitu drastis.

Tren penjualan yang stagnan...

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement