Rabu 22 May 2024 14:18 WIB

BNI Dukung Relawan Bakti BUMN ke Samboja dan IKN, Rehabilitasi Orang Utan dan Mangrove

Fokus utama Relawan Bakti BUMN Batch V adalah rehabilitasi orangutan dan mangrove.

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI turut berkontribusi dalam menyukseskan program Relawan Bakti BUMN Batch V yang diinisiasi oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (KBUMN).
Foto: BNI
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI turut berkontribusi dalam menyukseskan program Relawan Bakti BUMN Batch V yang diinisiasi oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (KBUMN).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI turut berkontribusi dalam menyukseskan program Relawan Bakti BUMN Batch V yang diinisiasi oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (KBUMN). Program ini bertujuan untuk merehabilitasi habitat orang utan dan mangrove di Samboja dan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Program Relawan Bakti BUMN Batch V berlangsung selama tiga hari, mulai dari 20 hingga 22 Mei 2024. Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo mengungkapkan, program ini merupakan wujud komitmen BNI dalam menjalankan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) berkolaborasi dengan Hutama Karya.

Baca Juga

"Kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi BNI bersama Hutama Karya dalam rangka implementasi TJSL BUMN untuk Indonesia," ujar Okki seperti dalam siaran pers, Rabu (22/5/2024).

Fokus utama program Relawan Bakti BUMN Batch V adalah rehabilitasi orang utan dan mangrove di Samboja dan IKN. Kegiatan yang dilakukan meliputi rehabilitasi satwa langka orang utan Kalimantan di habitatnya, serta pemberdayaan masyarakat di sekitar IKN.

 

"Sebagai PIC dalam program ini, BNI bersama Hutama Karya sebagai Co-PIC memberikan semangat dan dukungan penuh kepada para relawan untuk mengikuti kegiatan ini," jelas Okki.

Lebih lanjut, Okki menjelaskan, para relawan akan mengikuti berbagai kegiatan edukatif, seperti mempelajari cara mempersiapkan makanan alami orang utan, membantu perbaikan infrastruktur area konservasi, memahami peran petugas rehabilitasi, mengenal lebih dalam tentang Ibu Kota Negara di lokasi pembangunan, dan menanam pohon mangrove.

Melalui kegiatan ini, para relawan diharapkan dapat memahami pentingnya pelestarian orang utan dan mangrove dalam menjaga keseimbangan ekosistem hutan, serta dampaknya terhadap lingkungan dan manusia. Selain itu, para relawan juga akan melakukan penanaman pohon mangrove di kawasan penyangga IKN.

Okki menambahkan, program ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, tidak hanya selama pelaksanaan program Relawan Bakti BUMN, tetapi juga setelah para relawan kembali ke perusahaan masing-masing, dengan menularkan semangat sosial kepada rekan-rekan mereka.

"Semoga program ini dapat terus berkelanjutan dan memberikan banyak manfaat positif bagi kita semua," kata Oki.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement