Selasa 21 May 2024 20:46 WIB

Bank Sentral Inggris akan Pangkas Suku Bunga

Inflasi Inggris telah melambat sehingga memungkinkan rumah tangga pulih.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Lida Puspaningtyas
 Seorang pekerja di apotek di London, Inggris,  Selasa (9/5/2023). Ekonomi dan inflasi Inggris mulai pulih
Foto: EPA-EFE/ANDY RAIN
Seorang pekerja di apotek di London, Inggris, Selasa (9/5/2023). Ekonomi dan inflasi Inggris mulai pulih

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Ada kemungkinan Bank of England memotong suku bunga dalam beberapa bulan ke depan. Itu tergantung pada seberapa cepat dampak ekonomi pada pertumbuhan upah dan harga dari lonjakan 2022 dalam tingkat inflasi.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Gubernur Bank of England Ben Broadbent. Ia berbicara menjelang pemungutan suara terakhirnya pada Juni sebagai anggota Komite Kebijakan Moneter.

Baca Juga

Broadbent mengutip bukti survei dari perusahaan yang menunjukkan pengemudi utama tekanan inflasi, dan pertumbuhan upah yang kuat. Hanya saja, Broadbent mengatakan ada alasan optimisme karena harga sekarang naik lebih lambat daripada upah.

Itu membantu rumah tangga memulihkan dana yang hilang ketika inflasi melonjak. "Semakin banyak yang diperoleh, semakin sedikit tanah, relatif terhadap beberapa norma gagasan, ada yang harus dibuat," ujar Broadbent seperti dilansir Reuters, Selasa (21/5/2024).

BoE, kata dia, tidak akan pernah bisa melakukan hal itu. "Jika hal-hal terus berkembang dengan perkiraan-perkiraan yang menunjukkan kebijakan harus menjadi kurang terbatas pada beberapa titik, maka mungkin Bank Rate bisa dipotong beberapa waktu selama musim panas," jelasnya.

Sebelumnya bulan ini, MPC BoE memilih 7-2 untuk menjaga tingkat tetap pada tingkat yang tinggi 16 tahun 5,25 persen dan Broadbent, salah satu dari tujuh untuk memilih kebijakan yang tidak berubah. Ia mengatakan pandangan bervariasi di seluruh MPC tentang berapa banyak bukti yang diperlukan untuk memotong tingkat.

"Pengalaman dua atau tiga tahun terakhir telah membuat orang waspada. Sama, seperti yang saya katakan beberapa saat yang lalu, perilaku ekonomi selama enam bulan terakhir meyakinkan. Kami tidak akan pernah bisa melihat apakah itu akan terjadi," tutur dia.

Beberapa politisi Partai Konservatif Rishi Sunak mengikuti jajak pendapat yang buruk menjelang pemilihan umum. Dikarenakan pada Januari 2025, mengkritik BoE karena inflasi melonjak menjadi dua digit dan program penjualan obligasi menghasilkan kerugian besar. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلْيَسْتَعْفِفِ الَّذِيْنَ لَا يَجِدُوْنَ نِكَاحًا حَتّٰى يُغْنِيَهُمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖ ۗوَالَّذِيْنَ يَبْتَغُوْنَ الْكِتٰبَ مِمَّا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ فَكَاتِبُوْهُمْ اِنْ عَلِمْتُمْ فِيْهِمْ خَيْرًا وَّاٰتُوْهُمْ مِّنْ مَّالِ اللّٰهِ الَّذِيْٓ اٰتٰىكُمْ ۗوَلَا تُكْرِهُوْا فَتَيٰتِكُمْ عَلَى الْبِغَاۤءِ اِنْ اَرَدْنَ تَحَصُّنًا لِّتَبْتَغُوْا عَرَضَ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا ۗوَمَنْ يُّكْرِهْهُّنَّ فَاِنَّ اللّٰهَ مِنْۢ بَعْدِ اِكْرَاهِهِنَّ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ
Dan orang-orang yang tidak mampu menikah hendaklah menjaga kesucian (diri)nya, sampai Allah memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan jika hamba sahaya yang kamu miliki menginginkan perjanjian (kebebasan), hendaklah kamu buat perjanjian kepada mereka, jika kamu mengetahui ada kebaikan pada mereka, dan berikanlah kepada mereka sebagian dari harta Allah yang dikaruniakan-Nya kepadamu. Dan janganlah kamu paksa hamba sahaya perempuanmu untuk melakukan pelacuran, sedang mereka sendiri menginginkan kesucian, karena kamu hendak mencari keuntungan kehidupan duniawi. Barangsiapa memaksa mereka, maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang (kepada mereka) setelah mereka dipaksa.

(QS. An-Nur ayat 33)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement