Senin 22 Apr 2024 13:45 WIB

Beredar Info Pesawat Wings Air Jatuh di Kupang, AirNav Indonesia: Hoaks

AirNav dan Wings Air menyatakan tidak ada indikasi pesawat kecelakaan.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Fuji Pratiwi
Satu Unit Maskapai Penerbangan Wings Air melintas di run way saat baru tiba di bandara El Tari Kupang, NTT, Senin (30/11/2020).
Foto: ANTARA/Kornelis Kaha
Satu Unit Maskapai Penerbangan Wings Air melintas di run way saat baru tiba di bandara El Tari Kupang, NTT, Senin (30/11/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--AirNav Indonesia membantah informasi terkait adanya pesawat terbang rendah yang  jatuh di perairan Bengga Nagekeo, antara Bajawa-Ruteng, Kupang NTT pada Senin (22/4/2024) siang yang beredar di kalangan media.

Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Hermana Soegijantoro mengatakan, hingga pernyataan ini dikeluarkan, wilayah kerja AirNav Cabang Kupang memastikan semua pesawat yg beroperasi di wilayah yurisdiksi Cabang Kupang normal beroperasi. "Merujuk informasi tersebar adanya pesawat terbang jatuh tersebut, AirNav Indonesia sebagai BUMN pemandu pelayanan lalu lintas penerbangan dapat menyimpulkan bahwa pemberitaan tersebut tidak benar atau hoaks," ujar Hermana dikutip dari keterangannya, Senin (22/4/2024).

Baca Juga

Ia juga memastikan semua pesawat yang beroperasi di wilayah yuridiksi Cabang Kupang dalam kondisi normal. Hal ini setelah Cabang Kupang juga telah berkoordinasi dengan FIC Bali Sector.

"Hasilnya tidak ada indikasi terdapat pesawat yang mengalami accident," ujarnya.

Selain itu, kata Hermana, dari pihak maskapai yang diberitakan jatuh juga membantah adanya pesawat jenis Wings Air yang jatuh. "Pihak Maskapai Lion Air juga sudah menghubungi AirNav Indonesia Cabang Kupang bahwa semua pesawat normal beroperasi," ujar Hermana.

AirNav Indonesia Unit Ruteng tetap monitor perkembangan pencarian kebenaran berita dimaksud dengan menjalin komunikasi dan koordinasi dengan pihak KP3U Polres Ruteng.

Di samping itu, pihak Wings Air dengan tegas menyatakan informasi mengenai dugaan hilang kontak salah satu pesawat Wings Air di wilayah Pulau Flores tersebut tidak benar. 

"Wings Air memastikan kepada masyarakat luas bahwa seluruh operasi penerbangan Wings Air, termasuk yang beroperasi di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, pada Senin (22/4/2024), berjalan normal, menurut standar operasional prosedur dan sesuai jadwal yang telah ditetapkan," ujar Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro

Menurutnya, Wings Air memahami informasi yang tidak akurat dapat menciptakan kekhawatiran di tengah masyarakat. Oleh karena itu, Wings Air telah berkoordinasi dengan semua pihak terkait untuk memastikan bahwa informasi yang Wings Air sampaikan adalah akurat dan dapat dipercaya.

Wings Air sedang mengupayakan langkah-langkah hukum yang diperlukan untuk menangani penyebaran informasi palsu yang telah menimbulkan kecemasan ini. Wings Air menghargai kepercayaan yang diberikan oleh pelanggan dan terus berkomitmen untuk menyediakan layanan yang aman, nyaman dan selamat.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement