Kamis 18 Apr 2024 14:19 WIB

CEO Apple Tim Cook Kunjungi Apple Developer Academy BSD City

Kunjungan Cook ini bagian peresmian Apple Developer Academy.

CEO Apple Tim Cook usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/4/2024).
Foto: AP Photo/Achmad Ibrahim
CEO Apple Tim Cook usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- CEO Apple, Timothy Donald Cook, menyambangi Apple Developer Academy di Green Office Park (GOP) 9 BSD City, Tangerang, Banten, yang merupakan pusat pengembangan aplikasi berbasis iOS pertama di Asia Tenggara.

Kunjungan dilakukan Tim Cook seusai menghadiri jamuan Presiden RI Joko Widodo, di Istana Negara Jakarta Pusat, pada Rabu (17/4/2024). Kedatangan Tim Cook ini merupakan rangkaian dari peresmian Apple Developer Academy keempat di Indonesia, yang bertempat di Bali, pada 20 April 2024 mendatang.

Baca Juga

CEO Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land Irawan Harahap di Tangerang, Kamis (18/4/2024), mengatakan, pihaknya merasa terhormat dan gembira menyambut kunjungan Tim Cook.

Apple Developer Academy merupakan salah satu bagian dari ekosistem Digital Hub yang bergerak di bidang pelatihan coding. "Akademi ini berperan sebagai talent pool untuk mencetak developers aplikasi kelas dunia," kata Irawan dalam keterangannya.

Ia berharap kehadiran Apple Developer Academy BSD City dapat menghasilkan world-class developers dari Indonesia yang mampu mengembangkan aplikasi berskala internasional, serta berkontribusi terhadap ekonomi digital di Tanah Air.

Digital Hub berada di kawasan seluas 25,96 hektare yang berlokasi di BSD City. Hub ini didedikasikan sebagai ekosistem digital atau rumah bagi perusahaan teknologi dan digital, startup, industri kreatif, serta institusi pendidikan di bidang IT/coding.

Hingga 2024, tercatat sebanyak 40 perusahaan telah bergabung di dalam ekosistem Digital Hub baik dari nasional maupun multinasional. Seperti MyRepublic, NTT, NTT Data, Microsoft, Ruang Guru, hingga startup unicorn Indonesia yakni Traveloka dan Tokopedia.

Selain Apple Developer Academy yang berdiri sejak 2018, berbagai sekolah IT non-formal berstandar internasional juga hadir di ekosistem Digital Hub, seperti Binar Academy, Purwadhika Digital Technology School, Hacktiv8 hingga perguruan tinggi asing pertama di Indonesia yakni Monash University asal Australia. Sementara creative institution seperti G2G, Imajin, Social Bread, DCT Agency, dan Lucy Entertainment Park.

Adapun perusahaan rintisan juga telah bergabung dalam ekosistem Digital Hub seperti SIRCLO, GoWork, SWAP, Hologram Indonesia, V-Office, Fore, Paper.id, AMODA, JumpStart, AKAR, Waste 4 Change, dan Beam.

"Tidak hanya itu, kehadiran Living Lab Ventures juga melengkapi ekosistem Digital Hub dari segi perusahaan venture capital," kata Irawan.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement