Sabtu 13 Apr 2024 23:10 WIB

Dukung Kelancaran Mudik, Ini Testimoni Pengguna SPKLU PLN

Fasilitas SPKLU di setiap rest area sangat memudahkan masyarakat.

Ilustrasi SPKLU.
Foto: Dok Republika
Ilustrasi SPKLU.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kehadiran fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) menjadi salah satu faktor penting dalam kelancaran arus mudik Lebaran tahun ini bagi pemudik yang menggunakan kendaraan listrik. Kemudahan ini dirasakan langsung oleh Fahmi  yang sedang melakukan pengisian di Rest Area 234 A Kabupaten Mesuji, Lampung dalam perjalanan mudiknya dengan kendaraan listrik rute Jakarta menuju Sumatera Selatan. 

Menurutnya, tersedianya fasilitas SPKLU di setiap rest area sangat memudahkan masyarakat. Apalagi, para petugas PLN dinilai sigap dalam membantu kebutuhan masyarakat ketika hendak mengisi ulang kendaraan listrik. 

Baca Juga

"Petugas PLN sigap dalam menemani pelanggan dalam pengisian kendaraan listrik," kata Fahmi dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (13/4/2024). 

Pengalaman mudik nyaman dan aman dengan kendaraan listrik juga dirasakan oleh Irfansyah yang tengah mudik bersama keluarganya dari Jakarta menuju Bengkulu. Ketersediaan fasilitas SPKLU yang memadai sangat membantu Irfansyah dalam mudik kali ini. Sebelumnya, Irfansyah memanfaatkan fasilitas charging di salah satu rest area di Lampung. Kemudian, ia kembali melakukan pengisian daya kendaraan listrik di Kota Palembang dan kembali mengisi daya di SPKLU Muara Enim.

"Pakai aplikasi PLN Mobile sangat membantu, saya bisa tahu SPKLU mana saja yang tersedia di sepanjang jalur yang akan dilalui," ungkap Irfansyah.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN mendukung penuh kelancaran arus mudik pada tahun ini dengan menyediakan fasilitas SPKLU di setiap titik rest area ruas tol jalur mudik. PLN telah memetakan sebaran SPKLU secara nasional, termasuk jalur tol Trans Sumatra. Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan perseroan terhadap tingginya animo masyarakat menggunakan kendaraan listrik, khususnya pada momen Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Animo masyarakat untuk mudik dengan kendaraan listrik semakin meningkat setiap tahunnya. PLN pun senantiasa memastikan kenyamanan dan keamanan masyarakat yang mudik dengan kendaraan listrik," kata Darmawan. 

Pengguna kendaraan listrik sekarang tidak perlu ragu lagi, karena PLN juga sudah menyiapkan manajemen perjalanan mobil listrik dengan fitur Trip Planner yang telah tersedia di aplikasi PLN Mobile.

"Lewat menu Trip Planner, pemudik bisa mengatur titik berangkat dan titik tujuan. Secara otomatis, PLN Mobile akan memberikan rekomendasi titik-titik SPKLU yang dilalui pada rute tersebut," jelas Darmawan.

General Manager Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu Adhi Herlambang juga menambahkan komitmen PLN dalam memastikan kenyamanan dan kelancaran operasional SPKLU bagi pemudik yang melintas di jalur Sumatra.

"Kami menyiagakan personel selama 24 jam untuk membantu para pengguna kendaraan listrik yang ingin melakukan pengisian daya pada masa libur Hari Raya Idul Fitri. Selain itu pemudik dapat beristirahat dengan nyaman di posko mudik yang dilengkapi berbagai fasilitas sambil mengisi daya kendaraan listriknya," pungkas Adhi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement