Rabu 10 Apr 2024 21:00 WIB

Perbaikan Permanen Tol Bocimi Dilakukan Setelah Periode Lebaran

Tol Bocimi direncanakan akan dibuka satu lajur pada H+1 Lebaran.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.
Foto: ANTARA/Maria Cicilia Galuh
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan terus memantau perkembangan perbaikan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) yang diharapkan dapat beroperasi kembali pada H+1 Lebaran.

"Saya monitor, mudah-mudahan besok (Kamis, 11 April 2024) sudah bisa dibuka," kata Basuki di Jakarta, Rabu (10/4/2024).

Baca Juga

Basuki menyampaikan, Tol Bocimi direncanakan akan dibuka satu lajur pada H+1 Lebaran untuk kenyamanan perjalanan mudik.

Lebih lanjut, Basuki mengatakan perbaikan telah selesai dilakukan Selasa (9/4) malam. Menurutnya, saat ini hanya tinggal proses pembersihan alat-alat berat saja.

"Tadi rencananya jam 12 malam selesai biar bisa dimanfaatkan. Tadinya mau sekarang, tapi dibersihkan dulu karena alat beratnya masih di jalan, mudah-mudahan bisa dibersihkan," ujar Basuki.

Sebelumnya, Basuki meninjau penanganan darurat Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) di Km 64+600 A yang mengalami longsor pada Rabu (3/4) malam pekan lalu.

Saat meninjau lokasi longsor pada Selasa (9/4), dia mengatakan bahwa penanganan sementara dengan pemasangan tiang pancang (sheetpile) untuk memperkuat bagian timbunan jembatan yang longsor akan selesai pada malam ini.

"Alhamdulillah, 45 sheetpile yang ada di bagian bawah struktur tol sudah terpasang semua untuk menahan longsor, kemudian yang di bagian atas akan dipasang 60 sheetpile lagi. Sampai siang tadi sudah terpasang 37 buah sheetpile. Nanti jam 24.00 WIB malam mudah-mudahan bisa selesai semua," kata Basuki.

Selanjutnya untuk penanganan permanen, dia mengatakan akan dilakukan setelah periode Mudik Lebaran 2024.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement