Senin 08 Apr 2024 23:45 WIB

Bandara Kertajati Targetkan Layani 12 Ribu Penumpang Selama Lebaran

Penerbangan tambahan mulai dioperasikan di Bandara Kertajati.

Calon penumpang berjalan di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Ahad (29/10/2023).
Foto: Antara/Dedhez Anggara
Calon penumpang berjalan di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Ahad (29/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA -- Pengelola Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, menargetkan dapat melayani 12 ribu penumpang selama masa angkutan Lebaran 2024. Executive General Manager BIJB Kertajati Nuril Huda di Majalengka, Jabar, Senin (8/4/2024) mengatakan target tersebut bisa terealisasi karena banyak masyarakat yang sudah memilih melakukan penerbangan ke daerah tujuan dari bandara tersebut.

"Sejak 3 April 2024, telah terjadi peningkatan pergerakan penumpang di Bandara Kertajati. Peningkatan ini akan terus terjadi selama masa angkutan Lebaran," katanya.

Baca Juga

Ia menjelaskan, sampai H-4 Lebaran, jumlah penumpang yang naik pesawat dari BIJB Kertajati tercatat 7.386 penumpang. Berdasarkan perhitungan, maka rata-rata per hari terdapat 1.836 penumpang.

Angka tersebut, menurut dia, cukup tinggi dibandingkan jumlah penumpang yang melakukan aktivitas penerbangan di hari biasa yang berkisar 1.000 penumpang.

"Sampai dengan Sabtu (6/4/2024) untuk pergerakan pesawat sudah mencapai 70 pergerakan atau di rata-rata itu sekitar 14 pergerakan pesawat per hari," ujarnya.

Nuril menyampaikan pada H-3 Lebaran yang diestimasikan sebagai puncak lonjakan penumpang, terdata ada 16 pergerakan pesawat dari beberapa maskapai seperti Citilink, Air Asia, dan Super Air Jet.

Ia juga menyebutkan selama angkutan mudik, penerbangan tambahan mulai dioperasikan di Bandara Kertajati tujuan Kualanamu, Medan.

Langkah tersebut diterapkan guna mengakomodasi lebih banyak penumpang, yang hendak terbang ke daerah tersebut. Kualanamu menjadi rute favorit kedua bagi penumpang di BIJB Kertajati, setelah Denpasar, Bali.

"Kami pastikan memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang di Bandara Kertajati," ucap dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement