Jumat 05 Apr 2024 20:33 WIB

AP II Proyeksikan Puncak Arus Mudik Esok, Penumpang Bisa Capai 317 Ribu 

AP II sudah siapkan rencana operasi untuk memastikan kelancaran pelayanan mudik Lebar

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Fuji Pratiwi
Petugas Avsec memeriksa tiket calon penumpang sebelum melakukan lapor diri di Terminal 1 A, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (3/4/2024).
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Petugas Avsec memeriksa tiket calon penumpang sebelum melakukan lapor diri di Terminal 1 A, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (3/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT Angkasa Pura (AP) II memproyeksikan puncak arus mudik akan terjadi esok, Sabtu (6/4/2024).

Direktur Utama AP II Agus Wialdi saat ini arus mudik sudah berlangsung sejak 3 April. "Puncak arus mudik kami perkirakan 6 April 2024 atau H-4 dengan jumlah penumpang di 20 bandara diperkirakan mencapai 317.835 penumpang," kata Agus dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (5/4/2024). 

Baca Juga

Khusus di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar di Indonesia, Agus menuturkan jumlah penumpang pada puncak arus mudik diproyeksikan mencapai 188.795 penumpang. Dia memastikan, AP II telah menyiapkan rencana operasi untuk memastikan kelancaran pelayanan dan operasional bandara di tengah tingginya lalu lintas penerbangan termasuk pada puncak arus mudik besok. 

Adapun titik penting yang menjadi fokus di tengah tingginya lalu lintas penerbangan termasuk pada puncak arus mudik yakni area check in counter dan boarding lounge. Selaik itu juga pengaturan flow penumpang pesawat dan pengaturan slot time irregular di waktu sibuk.

Dia mengungkapkan penggunaan check in counter dan pengaturan boarding lounge akan direncanakan dengan baik. Hal itu termasuk menyediakan holding bay bagi penumpang pesawat jika diperlukan. 

"Sementara, titik penting saat kedatangan penumpang antara lain layanan bagasi di baggage claim area dan ketersediaan moda transportasi darat," kata Agus. 

Dia memastikan AP II terus berkoordinasi dengan pihak ground handling terkait penanganan bagasi penumpang pesawat. Dia mengharapkan kolaborasi yang erat di antara seluruh pemangku kepentingan dan penanganan bagasi oleh ground handling dapat memenuhi standar mulai dari bagasi diturunkan dari pesawat sampai masuk ke conveyor belt untuk kemudian di ambil penumpang. 

Sementara itu, VP of Corporate Communication AP II Cin Asmoro menuturkan bandara-bandara AP II juga menjalankan program aktivasi untuk menghibur penumpang pesawat pada periode sibuk ini. "Kami ingin menghadirkan Ramadhan Experience di seluruh bandara AP II melalui berbagai program aktivasi bagi penumpang pesawat. Interior di terminal penumpang juga didesain bernuansa Ramadhan untuk menyambut para penumpang pesawat," ujar Cin Asmoro.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement