Jumat 05 Apr 2024 05:45 WIB

26 Tahun Kementerian BUMN, Semen Padang Gelar Pasar Murah, Mudik Gratis dan Bazar UMKM

Safari Ramadan BUMN 2024 adalah kegiatan yang digagas oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Dalam Rangka menyambut HUT ke 26 Tahun dan memeriahkan bulan suci Ramadhan, Kementerian BUMN bersama BUMN menyelenggarakan Safari Ramadan BUMN 2024 berupa Pasar Murah, Mudik Gratis dan Bazar UMKM Binaan BUMN.
Foto: Semen Padang
Dalam Rangka menyambut HUT ke 26 Tahun dan memeriahkan bulan suci Ramadhan, Kementerian BUMN bersama BUMN menyelenggarakan Safari Ramadan BUMN 2024 berupa Pasar Murah, Mudik Gratis dan Bazar UMKM Binaan BUMN.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Dalam Rangka menyambut HUT ke 26 Tahun dan memeriahkan bulan suci Ramadhan, Kementerian BUMN bersama BUMN menyelenggarakan Safari Ramadan BUMN 2024 berupa Pasar Murah, Mudik Gratis dan Bazar UMKM Binaan BUMN. Kegiatan tersebut dilaksanakan di 40 Kota/Kabupaten di seluruh Indonesia.

Di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), kegiatan itu digelar di tiga lokasi, yaitu di Kota Padang, Solok dan Padang Pariaman. Untuk di Kota Padang, kegiatan dilaksanakan oleh PT Semen Padang, anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG). Kemudian di Solok dilaksanakan oleh BNI, dan di Padang Pariaman oleh Bank Mandiri.

Baca Juga

Untuk Pasar Murah dan Bazar UMKM Binaan BUMN yang digelar di Kota Padang, diadakan pada 4-5 April 2023 di lapangan Gedung Olahraga (GOR) PT Semen Padang di Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan. Kegiatan dibuka oleh Dirut PT Semen Padang Indrieffouny Indra, dan dihadiri Sekda Kota Padang Andree H Algamar, Tim SKB BUMN serta masyarakat di sekitar perusahaan.

Dirut PT Semen Padang Indrieffouny Indra menyampaikan Safari Ramadan BUMN 2024 adalah kegiatan yang digagas oleh Menteri BUMN Erick Thohir, dalam rangkaian bulan Ramadan dan HUT 26 Tahun Kementerian BUMN. Berbagai kegiatan yang digelar ini, juga sebagai wujud nyata komitmen BUMN untuk selalu konsisten hadir membantu masyarakat ekonomi bawah.

"Kegiatan ini tidak hanya dilakukan di Kota Padang oleh Semen Padang, tapi juga digelar di 40 kota/kabupaten lain di Indonesia oleh BUMN-BUMN lainnya, termasuk PT Semen Padang sebagai anak usaha SIG," kata Indrieffouny Indra dalam sambutan pembukaan Pasar Murah dan Bazar UMKM Binaan BUMN.

Disebutkannya, pasar murah, bazar dan mudik gratis ini sesuai dengan arahan Presiden RI terkait ketersediaan bahan pangan dengan harga terjangkau di tengah masyarakat. Termasuk tingginya kebutuhan masyarakat untuk mudik, serta komitmen Kementrian BUMN dalam mendukung penyelenggaraan arus mudik yang kondusif, serta meminimalisir kecelakaan lalu lintas.

"Untuk pasar murah ini, kami menyediakan 1100 paket sembako murah yang berisi beras, gula dan minyak goreng. Jumlah yang disediakan ini berdasarkan hasil social mapping Semen Padang tahun 2023. Karena, untuk penerima paket sembako murah kita utamakan masyarakat sekitar ring 1 perusahaan yang diambil dari data Rumah Tangga Miskin (RTM) yang berada di 12 kelurahan sekitar perusahaan," ujarnya.

Selanjutnya untuk Bazar UMKM Binaan BUMN diikuti oleh 36 UMKM. Tujuannya untuk memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM di lingkungan sekitar Semen Padang untuk menjual produknya.

Adapun pengunjung dapat memenuhi kebutuhan takjil Ramadhan ataupun makanan ringan untuk Lebaran. "Produk yang dijual meliputi makanan dan minuman takjil serra makanan untuk Lebaran,” kata Indrieffouny.

Kemudian untuk mudik gratis yang juga dilaksanakan oleh PT Semen Padang, Indrieffouny menyebut sasarannya adalah para perantau Minang di Dumai yang mudik ke kampung halamannya di Kota Padang. Jumlah kuota yang disediakan 90 orang dengan jumlah bus sebanyak 3 unit.

"Mudik gratis digelar 6 April dengan titik kumpul keberangkatan di depan gerbang Taman Bukit Gelanggang Dumai," ujarnya.

Ketua Panitia Pasar Mudah dan Bazar UMKM Binaan BUMN, Nurwan, menambahkan di pasar murah ini tiap sembako dijual dengan harga Rp 50 ribu per paket. Paket sembako terdiri dari 5 kg beras Sokan Solok, 10 butir telur dan 1 liter minyak goreng.

Paket sembako dijual kepada RTM yang tinggal di lingkungan perusahaan yang tersebar di 12 kelurahan di 3 kecamatan di Kota Padang. Tiga kecamatan itu adalah Lubuk Kilangan, Pauh dan Lubuk Begalung.

"Kemudian untuk memeriahkan kegiatan Bazar UMKM Binaan BUMN, Semen Padang juga menyediakan voucher sebesar Rp 5.000 untuk 1.000 pengunjung. Voucher bisa digunakan pengunjung untuk berbelanja di setiap stand UMKM yang ada di bazar," kata Nurwan yang juga merupakan Staf TJSL Unit CSR PT Semen Padang. 

photo
Dalam Rangka menyambut HUT ke 26 Tahun dan memeriahkan bulan suci Ramadhan, Kementerian BUMN bersama BUMN menyelenggarakan Safari Ramadan BUMN 2024 berupa Pasar Murah, Mudik Gratis dan Bazar UMKM Binaan BUMN. - (Semen Padang)

Ratusan masyarakat antusias

Sementara, pantauan pada hari pertama Pasar Murah dan Bazar UMKM Binaan BUMN yang diselenggarakan PT Semen Padang, terlihat ratusan masyarakat sudah memadati area pasar yang berada di lapangan GOR PT Semen Padang. Bahkan, ratusan masyarakat itu terlihat sudah berada di lokasi pasar sejak satu jam sebelum resmi dibuka.

Salah seorang pengunjung pasar murah bernama Yusnita mengaku sangat bersyukur bisa mendapatkan paket sembako murah yang dijual PT Semen Padang. Apalagi di bulan suci Ramadhan, semua harga kebutuhan pokok mulai meningkat, termasuk kebutuhan lainnya yang juga sangat dibutuhkan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Kami senang dan bersyukur sekali bisa mendapatkan sembako dengan harga murah. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih kepada Semen Padang yang telah mengadakan pasar murah ini. Karena harga yang kami dapatkan jauh lebih murah dari harga yang dijual di pasaran," kata warga yang tinggal di RT05/RW05, Kelurahan Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan ini.

"Semoga, kepedulian Semen Padang terhadap masyarakat rumah tangga miskin seperti kami ini dibalas kebaikan oleh Allah SWT. Apalagi ini bulan suci Ramadhan, semua kebutuhan masyarakat meningkat dan alhamdulillah, Semen Padang hadir membantu untuk meringankan beban kebutuhan kami," kata pengunjung lainnya, Baiyar.

Sekda Kota Padang, Andree H Algamar, mengapresiasi PT Semen Padang yang telah menggelar Pasar Murah, Bazar UMKM Binaan BUMN dan Mudik Gratis dengan tujuan Dumai-Padang. Untuk pasar murah, dia pun menilai bahwa kegiatan ini sangat dinanti masyarakat. Hal itu terlihat dari gembiranya emak-emak atau ibu-ibu yang datang berkunjung ke pasar murah. 

"Emak-emak itu selisih 5.000 saja sudah keliling pasar mereka dibuatnya. Apalagi di pasar murah ini selisihnya cukup besar, 80 ribuan, tentunya menguntungkan emak-emak," katanya.

"Hal ini membuktikan Semen Padang paham dan tahu bahwa harga sembako hari ini membuat inflasi sedikit meningkat. Makanya, kami dari Pemko Padang sangat mengapresiasi Semen Padang yang telah menggelar pasar murah. Dan, kami pun sangat mendukung adanya kegiatan ini karena bisa menekan inflasi Kota Padang," katanya lagi menambahkan.

Kemudian terkait mudik gratis, dia juga mengucapkan terima kasih kepada PT Semen Padang. Karena, di tengah kondisi perekonomian yang masih sulit dan tingginya minat perantau untuk pulang mudik, PT Semen Padang ternyata hadir menjawab keinginan masyarakat dengan memfasilitasi para perantau untuk pulang mudik ke kampung halamannya, khususnya para perantau minang di Kota Dumai. 

"Ini luar biasa sekali. Teman saya di Kota Dumai juga menyampaikan bahwa mudik gratis yang digelar Semen Padang ini sangat membantu perantau kita. Kegiatan ini tentunya semakin menumbuhkan kecintaan para perantau terhadap kampung halamannya di Kota Padang, dan juga kecintaan mereka terhadap Semen Padang," ujarnya. 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement