Kamis 04 Apr 2024 19:10 WIB

The Fed Beri Sinyal Kebijakan Suku Bunga, Rupiah Bergerak Menguat

Rupiah ditutup naik 27 poin atau 0,17 persen menjadi Rp15.893 per dolar AS.

Warga melakukan penukaran uang rupiah.
Foto: Republika/Prayogi
Warga melakukan penukaran uang rupiah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di akhir perdagangan Kamis (4/4/2024) menguat dipengaruhi aktivitas sektor jasa Amerika Serikat (AS) yang lebih lemah dari ekspektasi. Kurs rupiah ditutup naik 27 poin atau 0,17 persen menjadi Rp 15.893 per dolar AS dari sebelumnya sebesar Rp 15.920 per dolar AS.

"Aktivitas sektor jasa AS yang lebih lemah dari perkiraan, yang telah meredakan kekhawatiran akan tindakan hawkish oleh Federal Reserve sehingga turut melemahkan kinerja mata uang dolar AS," kata analis ICDX Taufan Dimas Hareva di Jakarta, Kamis (4/4/2024).

Baca Juga

Taufan menuturkan kinerja mata uang rupiah berpotensi menguat menjelang penutupan perdagangan pekan ini, karena kinerja mata uang dolar AS yang sedang menghadapi tantangan di sesi sebelumnya menyusul rilis data ekonomi beragam dari AS, yang menunjukkan perubahan ketenagakerjaan ADP lebih kuat tetapi angka PMI Jasa ISM lebih lemah.

Perubahan Ketenagakerjaan ADP AS meningkat sebesar 184 ribu di bulan Maret, melampaui kenaikan pada Februari sebesar 155.000 dan melampaui konsensus pasar sebesar 148.000.

Sementara itu, IMP Jasa ISM AS turun menjadi 51,4 di bulan Maret dari 52,6 di bulan Februari, kurang dari perkiraan sebesar 52,7. Selain itu, komentar Ketua bank sentral AS atau The Fed Jerome Powell tentang penurunan suku bunga turut menekan dolar AS.

Jerome menegaskan kembali kesiapan bank sentral AS untuk menurunkan suku bunga, meskipun dengan pendekatan yang bergantung pada data.

Selanjutnya, pernyataan Presiden Fed Atlanta Raphael Bostic mendukung penurunan suku bunga pada kuartal terakhir tahun 2024, juga menarik perhatian yang signifikan.

Kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Kamis meningkat ke level Rp 15.907 per dolar AS dari sebelumnya sebesar Rp 15.923 per dolar AS.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement