Selasa 02 Apr 2024 21:59 WIB

Erick: Program Gagasan Eco untuk Insan BUMN Lebih Peduli Lingkungan

Gagasan Eco, kompetisi inovasi lingkungan dan keberlanjutan untuk karyawan BUMN.

Lomba Gagasan Eco di Kementerian BUMN.
Foto: kementerian bumn
Lomba Gagasan Eco di Kementerian BUMN.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai bentuk komitmen BUMN terhadap lingkungan sekaligus wadah kreativitas insan BUMN dalam menunjukkan kepedulian untuk menjaga bumi dan lingkungan, Kementerian BUMN menggelar serangkaian lomba bertema earth day

Kegiatan ini berlangsung di Kementerian BUMN, sejak 8 Maret hingga akhir April mendatang. Salah satu lomba yang baru terlaksana adalah Gagasan Eco, sebuah kompetisi inovasi lingkungan dan keberlanjutan untuk karyawan BUMN. 

Baca Juga

Tak tanggung-tanggung, beberapa tokoh ternama menjadi juri dalam lomba tersebut, seperti Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir, Staf Khusus V Menteri BUMN, Tsamara Amany, CEO Bidara Udara, Novita Natalia, Public Figure sekaligus Penyanyi Indonesia Andien Aisyah, Co-Founder Greatmind, David Irianto, dan Konsultan McKinsey dan Company, Philia Wibowo. 

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Pejabat Eselon I dan II Kementerian BUMN, serta Direksi BUMN. Menteri BUMN Erick Thohir berharap program ini tidak hanya mendidik, namun juga mengajak berpikir sehat dan menjadikan Indonesia lebih sehat, tentu dengan peduli terhadap alam dan lain-lain yang akan terus dikembangkan.

“Melalui lomba ini, saya ingin melihat bagaimana kreativitas generasi muda pimpinan masa depan yang ada di BUMN hari ini. Dan saya berharap tentu program ini adalah sebuah program yang tidak hanya mendidik saja namun juga menumbuhkan kepedulian setiap insan BUMN kepada alam yang akan terus kita kembangkan,” ujar Erick di acara tersebut seperti dikutip Selasa (2/4/2024).

Sebanyak 10 tim peserta lomba dari BUMN dan Kementerian BUMN telah terpilih untuk memaparkan Gagasan Eco mereka di hadapan para juri. Para peserta akan mendapat dukungan untuk mewujudkan gagasan dan dinobatkan menjadi Ambassador Hijau BUMN.

“Kesepuluh tim peserta ini akan saya bantu sebagai sebuah program, meskipun harus tetap ada pemenangnya. Pemenangnya tetap jalan tetapi 10 programnya kita bantu supaya nilai value competition di antara kalian untuk menjadi yang terbaik itu tetap ada, meski tetap harus menjaga persaudaraan di antara pegawai BUMN,” lanjut Erick.

Dari 10 tim peserta, satu tim telah terpilih sebagai juara dengan Gagasan Eco terbaik, yaitu Plastect dari PT Askrindo dengan 82,78 poin. Sementara di peringkat dua, Greenomina dari PT Pertamina meraih 82,60 poin, dan Aviastainable dari PT Garuda Maintenance Facilities di peringkat tiga dengan 78,32 poin. 

Sementara itu, sebagai Juara Harapan, Eco Warrior dari PT Bank Mandiri meraih 73,52 poin.  Acara ini bagian dari rangkaian perayaan hari Ulang Tahun Kementerian BUMN ke-26, yang akan berlangsung pada 13 April mendatang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement