Senin 01 Apr 2024 15:15 WIB

Pertamina Masih Tahan Harga BBM, Ini Alasannya  

Pertamina Patra Niaga berkomitmen memberikan harga BBM yang terbaik.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Ahmad Fikri Noor
Sejumlah pengendara saat akan mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) di Jakarta, Senin (2/10/2023).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah pengendara saat akan mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) di Jakarta, Senin (2/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertamina Patra Niaga sebagai badan usaha yang menyalurkan dan menjual BBM kepada masyarakat menetapkan pada April ini tidak ada perubahan harga jual pada BBM nonsubsidi atau disebut juga jenis bahan bakar umum (JBU). Jenis BBM tersebut adalah Pertamax series yang terdiri atas Pertamax dan Pertamax Turbo serta Dex Series yang terdiri atas Dexlite dan Pertamina Dex.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan keputusan tidak melakukan perubahan harga mengacu pada beberapa aspek antara lain Kepmen ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 tentang formulasi harga JBU atau BBM.

Baca Juga

“Penyesuaian harga BBM nonsubsidi merupakan hasil evaluasi oleh seluruh badan usaha sesuai regulasi formula harga yang berlaku. Berdasarkan perhitungan evaluasi harga serta dengan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat pada Ramadhan dan Idul Fitri ini, maka manajemen memutuskan tidak menaikkan harga di bulan April ini,” terang Irto.

Saat ini harga Pertamax adalah Rp 12.950 per liter, Pertamax Green 95 Rp 13.900 per liter, Pertamax Turbo Rp 14.400 per liter, Dexlite Rp 14.550 per liter, dan Pertamina Dex Rp 15.100 per liter. Harga ini berlaku untuk wilayah Jawa dan wilayah dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) sebesar 5 persen.

Irto menambahkan, Pertamina Patra Niaga berkomitmen memberikan harga BBM yang terbaik sebagai wujud Availability, Accessibility, Affordability, Acceptability dan Sustainability bagi masyarakat hingga pelosok negeri, tidak hanya kota besar. 

“Pertamina melalui Pertamina Patra Niaga menetapkan harga yang kompetitif bagi masyarakat sekaligus memastikan distribusi hingga pelosok negeri tetap dapat dilakukan dengan maksimal,” pungkas Irto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement