Kamis 28 Mar 2024 23:41 WIB

KAI Logistik Kembangkan Layanan Kontainer untuk General Cargo

KALOG Plus kembangkan layanan kontainer bukaan samping untuk kontainer kereta api

PT KAI Logistik memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat dengan membuka program kemitraan pada layanan KALOG Express
Foto: PT KAI
PT KAI Logistik memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat dengan membuka program kemitraan pada layanan KALOG Express

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- KAI Logistik semakin menegaskan komitmennya dalam menyempurnakan layanan jasa logistik yang ditawarkan, salah satunya melalui inovasi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan. Direktur Utama KAI Logistik TLN Ahmad Malik Syah mengatakan, inovasi selalu menjadi bagian dari komitmen penyempurnaan layanan di seluruh segmen produk.

“Termasuk KALOG Plus melalui layanan kontainer bukaan samping (open side container) yang ditawarkan untuk pengangkutan general cargo melalui layanan distribusi kontainer berbasis kereta api,” katanya dalam keterangan resmi, Kamis (28/3/2024).

Pada layanan angkutan kontainer, KALOG Plus menawarkan ragam pengangkutan kontainer yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan seperti  dry container standard, dry cointainer standard high cube, reefer container (kontainer berpendingin) hingga open side container.

Pengangkutan menggunakan open side container memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pelaku bisnis, seperti keleluasaan dalam melakukan pemuatan atau pembongkaran barang ke dalam kontainer (stuffing/stripping) di area loading dock yang terbatas, hingga meningkatkan aksesibilitas dalam penataan barang di dalam kontainer yang menggunakan bantuan forklift dan palet.

Pria yang akrab disapa Malik ini mengatakan, proses pemuatan dan pembongkaran merupakan proses rantai pasok yang penting. “Dengan terwujudnya proses pemuatan dan pembongkaran yang efektif dan efisien mampu mempersingkat lead time logistik, yang akan berdampak pada rantai pasok yang lebih efektif dan mendorong peningkatan performa logistik,” ujarnya.

Sejak 2020, KAI Logistik telah menawarkan layanan kontainer menggunakan open side container dan mendapatkan tanggapan yang positif dari pelaku bisnis.

Tingkat utilisasi open slide container  selalu menyentuh angka yang optimal terutama masa peak season seperti Idul Fitri dan Nataru. Maka itu, secara bertahap KAI Logistik selalu meningkatkan jumlah kontainer untuk memenuhi jumlah permintaan yang terus meningkat dan menjadi kekuatan sumber daya produksi.

“Tahun 2023, KAI Logistik telah menambah open side container berukuran lebih besar yaitu 40 feet sejumlah 10 unit dan melengkapi 75 unit lainnya berukuran 20 feet,” ungkap Malik.

Layanan angkutan open side container tersedia untuk kontainer berukuran 20 feet ataupun 40 feet dan melayani rute distribusi seluruh KA Kontainer yang dioperasikan KAI Logistik. Yaitu, Jakarta-Surabaya (perjalanan pulang-pergi), Jakarta-Semarang (perjalanan pulang-pergi), dan Karawang-Surabaya (perjalanan pulang-pergi).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement