Kamis 28 Mar 2024 08:11 WIB

Sambut Lebaran, BUMN Pariwisata Tebar Banyak Promo Menarik

Hotel-hotel BUMN di bawah naungan HIN mengalami peak season pada 10-11 April 2024

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono bersama Direktur Utama InJourney Aviation Services Dendy Danianto memberikan keterangan pers terkait kesiapan Injourney menyambut arus mudik dan libur lebaran di Gedung Sarinah, Jakarta, Rabu, (27/3/2024). InJourney memproyeksikan terdapat 7,9 juta penumpang yang akan dilayani di 35 Bandara selama periode arus mudik 2024.
Foto: Dok Republika
Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono bersama Direktur Utama InJourney Aviation Services Dendy Danianto memberikan keterangan pers terkait kesiapan Injourney menyambut arus mudik dan libur lebaran di Gedung Sarinah, Jakarta, Rabu, (27/3/2024). InJourney memproyeksikan terdapat 7,9 juta penumpang yang akan dilayani di 35 Bandara selama periode arus mudik 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney menyiapkan sejumlah program menarik dalam menyambut lebaran 2024. Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono mengatakan ragam promo menarik telah disiapkan sejumlah anggota InJourney Group mulai dari hotel, pusat perbelanjaan Sarinah, destinasi wisata seperti Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), hingga the Nusa Dua Bali dan KEK Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

"Kami mensinergikan anak perusahaan, dari hotel, retail, hingga destinasi melalui standardisasi pelayanan untuk memberikan customer experience yang menyenangkan bagi para pemudik serta wisatawan," ujar Maya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (28/3/2024).

1. InJourney Hospitality atau PT Hotel Indonesia Natour (HIN) 

Maya memprediksi hotel-hotel BUMN di bawah naungan HIN mengalami peak season pada 10-11 April 2024. Maya memproyeksikan okupansi hotel BUMN mencapai 61,2 persen atau naik delapan persen dibandingkan lebaran 2023.

 

"HIN menyelenggarakan berbagai program seperti paket menginap hari raya Raya, Halal Bi Halal buffet, hantaran lebaran, seamless lebaran promotion, Online Travel Agent Campaign THR Pol-polan Phase II, Online Travel Agent Package & Campaign," ucap Maya

2. Sarinah

Maya mengatakan pusat perbelanjaan ikonik bangsa ini memanjakan pengunjung selama ramadhan dan lebaran. Sarinah akan mengalami puncak penjualan tertinggi pada 26 Maret hingga 5 April 2024 dan menargetkan jumlah pengunjung naik 20 persen dari tahun sebelumnya.

"Sarinah untuk pertama kalinya setelah transformasi akan menyelenggarakan midnight sale dengan program diskon 50 persen dan buy one get one untuk brand tertentu. Pengunjung juga berkesempatan mendapatkan curated gift dengan pembelanjaan minimum Rp 500 ribu dan juga voucher," sambung Maya. 

3. InJourney Destination Management atau PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (TWC)

Maya mengatakan destinasi tiga candi ini akan mengalami  peak season akan terjadi pada 11-15 April 2024. InJourney Destination Management juga bersiap untuk menghadapi kenaikan pengunjung hingga 37 persen atau menjadi sekitar 244 ribu dibandingkan 2023. 

Maya mengatakan TWC akan menambah petugas operasional dan layanan kesehatan yang berkolaborasi dengan TNI dan Polri, serta rumah sakit dan fasilitas kesehatan sekitar. Maya menyebut persiapan lain adalah menambah team help desk, menyediakan kendaraan listrik, mobil golf, dan sepeda listrik untuk menambah mobilitas. 

"Acara menarik juga akan diselenggarakan dengan tema Kelana Cerita Tanah Jawa di Candi Prambanan pada 11-15 April 2024; special show Ramayana Ballet, Roro Jonggrang dan Shinta Obong setiap hari selama libur lebaran sejak 11-20 April 2024," ujar Maya.

Di Borobudur, sambung Maya, pengunjung berkesempatan naik monumen Candi Borobudur dengan reservasi daring. Pengunjung wajib mengenakan sandal khusus dan dibatasi delapan sesi per hari dengan 150 pengunjung tiap sesinya.

"Pamong Carita akan memandu selama sesi naik monumen Candi Borobudur. Tiket bisa dibeli di ticket.borobudurpark.com," ucap Maya. 

Maya menambahkan, TWC juga akan mempersembahkan berbagai atraksi budaya, hiburan musik, parade harmoni, hingga Renjana LED drama musikal show di TMII. Maya mengatakan pengunjung dapat menikmati taman piknik yang dilengkapi dengan area kuliner nusantara, merchandise, serta food truck. 

4. InJourney Tourism Development Corporations (ITDC)

Maya memperkirakan peak season di destinasi wisata yang dikelola ITDC akan terjadi pada 11-14 April 2024.  ITDC, lanjut Maya, mempersiapkan berbagai program seperti promo dan juga Ramadan Festive di The Nusa Dua & The Mandalika. 

"The Mandalika diperkirakan akan menarik 60 ribu pengunjung selama 12 hari libur lebaran 2024," lanjut Maya.

Maya mengatakan InJourney Group terus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan untuk memastikan pelayanan maksimal. Maya berharap masyarakat bisa berkumpul dan berbahagia bersama keluarga dan menikmati rekreasi selama lebaran 2024.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement