Rabu 27 Mar 2024 23:48 WIB

Hingga 2024, KoinWorks Salurkan Pendanaan kepada 900 Ribu UMKM

Pembiayaan UMKM Koinworks difokuskan kepada usaha yang dipimpin perempuan.

Platform fintech peer to peer (P2P) lending KoinWorks mencatat telah menyediakan dukungan lebih dari 1,6 miliar dolar AS kepada lebih dari 900.000 UMKM. Hal  ini memberikan dampak signifikan untuk meningkatkan inklusivitas keuangan, khususnya bagi masyarakat yang sulit mendapat akses perbankan.
Foto: dok istimewa
Platform fintech peer to peer (P2P) lending KoinWorks mencatat telah menyediakan dukungan lebih dari 1,6 miliar dolar AS kepada lebih dari 900.000 UMKM. Hal ini memberikan dampak signifikan untuk meningkatkan inklusivitas keuangan, khususnya bagi masyarakat yang sulit mendapat akses perbankan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Platform fintech peer to peer (P2P) lending KoinWorks mencatat telah menyediakan dukungan lebih dari 1,6 miliar dolar AS kepada lebih dari 900 ribu UMKM. Hal  ini memberikan dampak signifikan untuk meningkatkan inklusivitas keuangan, khususnya bagi masyarakat yang sulit mendapat akses perbankan. 

Hal ini juga sebagai upaya untuk menciptakan lapangan kerja dan mendukung kesetaraan gender melalui dukungan terhadap usaha yang dipimpin oleh perempuan. Selain itu KoinWorks berupaya memberikan dukungan dalam pendidikan digital dan literasi guna mendorong ekonomi digital Indonesia ke depan, menunjukkan pendekatan berkelanjutan yang menggabungkan pertumbuhan ekonomi dengan tanggung jawab sosial dan pelestarian lingkungan.

KoinWorks menjadi salah satu Platform fintech peer to peer (P2P) lending yang berkontribusi dalam portofilio MDI Ventures. CEO MDI Ventures, Donald Wihardja mengatakan sebagai venture capital strategis yang berfokus pada penciptaan bisnis yang berdampak positif, MDI Ventures mengimplementasikan thesis-driven strategy untuk memastikan investasi dapat menyasar startup-startup yang tidak hanya menghasilkan capital gain.

"Selain itu kami juga berkomitmen untuk memberikan dampak positif terhadap transformasi lingkungan dan sosial yang memiliki manfaat nyata bagi masyarakat,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (26/3/2024).  

Donald menambahkan MDI Ventures, unit corporate venture capital Telkom Indonesia, mendukung perubahan positif dan masa depan berkelanjutan dengan memperkenalkan tiga impact report. Report ini menunjukkan komitmen mereka pada prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG), yang tercermin dari kontribusi portofolio startup mereka terhadap sosial, lingkungan, dan masyarakat.

“Adapun ketiga impact report tersebut dikontribusikan dari tiga portofolio startup MDI Ventures yaitu SwipeRx, Aruna, dan Koinworks, dengan fokus sektor masing-masing bidang farmasi atau kesehatan, agrikultur, dan juga fintech,” ujarnya.

Donald juga menjelaskan dengan komitmen yang kuat terhadap pertumbuhan berkelanjutan, MDI Ventures turut menciptakan dampak positif melalui portofolio startup kami. 

“Tahun 2024, kami berencana untuk meluncurkan serangkaian impact report baru yang lebih mendalam dan komprehensif dari berbagai perusahaan dalam portofolio kami, yang mencerminkan komitmen kami terhadap ESG,” ucapnya.  

Selain penekanan fokus ESG yang dideskripsikan melalui impact report yang disusun bersama dengan Accenture, Donald mengatakan MDI Ventures juga terus mengembangkan impact framework untuk diterapkan pada startup-startup MDI lainnya pada 2024, menambahkan dari yang sudah diimpelentasikan sebelumnya pada 3 company. 

"Harapannya dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan-perusahaan serupa untuk menggali potensinya dan mendorong dampak berkelanjutan lainnya yang berarti kepada lingkungan dan masyarakat,” jelas Donald.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement