Selasa 19 Mar 2024 15:02 WIB

Erick Thohir Terus Konsolidasikan Jumlah BUMN Karya

Erick meyakini kinerja BUMN Karya akan jauh lebih efisien dan profesional.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, konsolidasi menjadi salah satu upaya memperbaiki tata kelola BUMN Karya. (ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, konsolidasi menjadi salah satu upaya memperbaiki tata kelola BUMN Karya. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, konsolidasi menjadi salah satu upaya memperbaiki tata kelola BUMN Karya atau infrastruktur. Dengan konsolidasi, Erick meyakini kinerja BUMN Karya akan jauh lebih efisien dan profesional. 

"Di (BUMN) karya hari ini, kita sudah konsolidasi dalam tahap proses menggabungkan tujuh perusahaan karya menjadi tiga perusahaan karya, yaitu dengan penggabungan yang namanya Adhi Karya, Nindya Karya, Brantas, dan Nindya Karya," ujar Erick saat rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (19/3/2024).

Baca Juga

Selain itu, Erick pun mengkonsolidasikan Hutama Karya dengan Waskita serta PT PP dengan Wijaya Karya. Erick menekankan salah satu tujuan utama konsolidasi ini ialah berfokus pada penyehatan perusahaan. 

Erick juga sudah mulai mengklasifikasi BUMN Karya ini ke berbagai kelompok kategori bisnis. Hal ini bertujuan agar BUMN karya bisa lebih fokus pada tugasnya masing-masing. "Misalnya di Hutama Karya dan Waskita mereka akan fokus di jalan tol, nontol, institusional building, dan juga residential commercial," ucap Erick. 

Sementara Wika dan PP, lanjut Erick tidak menggarap segmen jalan tol. Erick meminta Wika dan PP fokus pada pembangunan atau pengembangan pelabuhan dan bandara, meski masih akan tetap masuk di segmen residential karena masih ada aset-aset yang tertinggal sebelumnya.

"Lalu juga penggabungan Adhi Karya, Nindya Karya, mereka akan fokus kepada air, rel, dan juga tentu beberapa konteks lagi. Ini yang kita lakukan sebenarnya, konsolidasi sekaligus penyehatan," kata Erick. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement