Senin 18 Mar 2024 19:16 WIB

OCBC Targetkan Akuisisi Bank Commonwealth Selesai Kuartal II 2024

Hal itu setelah mendapat persetujuan dalam RUPST.

Presiden Direktur PT Bank OCBC NISP Tbk Parwati Surjaudaja.
Foto: Prayogi/Republika.
Presiden Direktur PT Bank OCBC NISP Tbk Parwati Surjaudaja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Direktur PT OCBC NISP Tbk (OCBC) Parwati Surjaudaja mengatakan, perseroan menargetkan proses akuisisi PT Bank Commonwealth dapat rampung di kuartal II 2024. Hal itu setelah mendapat persetujuan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

"Kami harapkan proses akuisisi ini, setelah kami mendapatkan persetujuan dari RUPS, kami harapkan bisa selesai di kuartal II tahun ini," kata Parwati dalam Paparan Publik Tahunan, di OCBC Tower, Jakarta, Senin (18/3/2024).

Baca Juga

Apabila proses akuisisi telah selesai, Parwati mengatakan bahwa selanjutnya akan dilakukan proses penggabungan atau merger yang diharapkan rampung di paruh kedua atau semester kedua tahun ini.

Menurutnya, proses akuisisi masih dalam tahap awal, sehingga perseroan belum bisa membagikan rencana bisnis bank (RBB) secara lebih detail. Meski begitu, perseroan berharap penggabungan kedua bank akan meningkatkan skala bisnis OCBC Indonesia.

Adapun Bank Commonwealth sendiri memiliki basis klien yang menarik dan komplementer pada segmen nasabah konsumen dan UKM (retail). Parwati memandang, penggabungan kedua bank merupakan upaya pengembangan OCBC yang berkesinambungan secara jangka panjang, tidak hanya jangka pendek.

"Kami berharap sinergi di bidang retail dan UKM-nya, itu menjadi hal yang kami cermati ke depannya. Selain tentunya juga sinergi dari berbagai kapabilitas yang bisa dilakukan di antara dua institusi," kata Parwati.

Sebelumnya, pada 16 November 2023, OCBC telah melakukan penandatanganan Sale and Purchase Agreement (SPA) dengan Commonwealth Bank of Australia (CBA) untuk membeli 99 persen saham di PT Bank Commonwealth (PTBC) dari CBA. OCBC Indonesia juga bermaksud untuk mengakuisisi sisa 1 persen saham PTBC dari pemegang saham lainnya.

OCBC membukukan laba bersih senilai Rp 4,1 triliun untuk tahun buku 2023 atau tumbuh sebesar 23 persen secara tahunan (yoy), sehingga imbal atas ekuitas (ROE) naik menjadi 12 persen. Adapun OCBC mencatat total aset bank sebesar Rp 250 triliun.

Total kredit yang diberikan oleh bank mencapai Rp 154,1 triliun atau tumbuh 12 persen, dengan kualitas yang lebih baik di mana rasio NPL bruto turun menjadi 1,6 persen.

Sementara total simpanan nasabah atau dana pihak ketiga (DPK) meningkat 3 persen menjadi Rp 181,8 triliun. Pertumbuhan DPK ini didukung oleh CASA atau giro dan tabungan, sehingga rasio CASA terhadap total DPK meningkat menjadi 55,8 persen.

Menurut perseroan, bank juga memiliki modal yang kuat untuk mendukung pertumbuhan ke depan yang tercermin pada rasio kecukupan modal atau CAR yang meningkat menjadi 23,7 persen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement