Senin 18 Mar 2024 14:55 WIB

Mentan Minta Gerakan Pompanisasi di Bojonegoro Dilakukan Maksimal

Pompanisasi menjadi solusi cepat mengingat saat ini tidak semua daerah diguyur hujan.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman (kedua kiri)
Foto: Kementan
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman (kedua kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman meminta gerakan pompanisasi di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, dilakukan secara maksimal guna meningkatkan produktivitas pertanian di daerah tersebut.

"Luas lahan kering di sini kan 40 persen. Nah 40 persen di sini berapa yang nempel ke Bengawan Solo atau Sungai Berantas harus dilakukan pengecekan dan pasang pompa secara maksimal," kata Amran saat meninjau gerakan tanam padi di Desa Tulungagung, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Tengah.

Baca Juga

Amran dalam keterangan resmi diterima di Jakarta, Senin (18/3/2024), meminta kepala dinas dan juga pihak terkait di daerah Bojonegoro segera melakukan pengecekan terhadap sungai-sungai besar yang tidak pernah surut di saat musim kering. Usai dicek, pemasangan pompa harus segera dimasifkan.

Selanjutnya, kata Amran, air dari sungai-sungai tersebut dialirkan pada lahan-lahan sawah dengan indeks pertanamannya 1 atau maksimal 2 kali dalam setahun. Sehingga ke depan bisa dinaikkan menjadi 3 sampai 4 kali setahun.

"Yang harus dicari adalah sungai yang tidak pernah kering. Ini boleh. Jadi yang tanam 1 kali cari dan yang tanam 2 kali cari sehingga bisa tanam 3 sampai 4 kali," ujar Amran.

Ia mengatakan pompanisasi menjadi solusi cepat mengingat saat ini tidak semua daerah diguyur hujan. Artinya, masih ada daerah-daerah kering akibat dilanda fenomena alam El Nino gorila alias musim kering ekstrem yang berujung pada darurat pangan.

Untuk mendukung upaya tersebut, kata Amran, semua pihak harus terlibat baik dari TNI, Polri, Kejaksaan, petani maupun dukungan langsung dari Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura (BPWS) yang memiliki peta wilayah sungai berair dan sawah kering.

"Yang pasti kita harus efisien dan efektif. Bahkan dari BPWS, sudah sepakat ya 200 pompa digunakan dan keluar. Nah bapak ibu sekalian, ini dicek baik baik berapa pompa dibutuhkan untuk menaikkan indeks tanam," kata dia.

 

 

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement