Sabtu 16 Mar 2024 23:20 WIB

PLN Gandeng BYD Kembangkan Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia

Sebagian kendaraan listrik BYD akan jadi kendaraan operasional PLN.

PLN membeli 10 ribu mobil listrik BYD untuk operasional meliputi BYD Dolphin, BYD Atto 3, dan BYD Seal.
Foto: Republika/Firkah Fansuri
PLN membeli 10 ribu mobil listrik BYD untuk operasional meliputi BYD Dolphin, BYD Atto 3, dan BYD Seal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) melalui subholding PLN Icon Plus melakukan kerja sama dengan pabrikan otomotif asal China PT Build Your Dream (BYD) Motor Indonesia dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Direktur Utama PT Indonesia Comnets Plus (PLN Icon Plus) Ari Rahmat Indra Cahyadi mengatakan, kolaborasi bersama BYD merupakan langkah penting mendukung transformasi energi yang lebih bersih dan berkelanjutan di Indonesia. PLN Icon Plus yakin kerja sama ini akan membawa manfaat besar.

Baca Juga

Terutama bagi perkembangan infrastruktur dan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. "Hal ini dalam mendukung program transisi energi hijau, serta mewujudkan masa depan energi yang lebih berkelanjutan," kata Ari, kemarin.

Ia menjelaskan, kerja sama antara PLN Icon Plus dan BYD meliputi penyediaan sebanyak 10 ribu unit Electric Vehicle (EV) BYD. Di antara kendaraan itu digunakan sebagai kendaraan operasional PLN.

Selain itu, PLN Icon Plus berupaya agar penggunaan aplikasi PLN Mobile dapat digunakan seluas mungkin. Hal ini untuk pengembangan ekosistem kendaraan listrik.

Selanjutnya, kedua perusahaan juga memungkinkan pengembangan infrastruktur pengisi daya kendaraan listrik.

Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia, Eagle Zhao menyampaikan, penyediaan 10 ribu unit kendaraan listrik BYD dalam jangka waktu lima tahun ke depan akan didukung oleh jaringan diler di seluruh Indonesia.

BYD berkomitmen untuk memfasilitasi percepatan transisi menuju era kendaraan elektrifikasi di Indonesia. Tidak hanya melalui inovasi New Energy Vehicle tapi juga dengan ekosistem yang mempermudah ketersediaan unit bagi banyak pihak.

Menurut dia, kerja sama ini semakin mempermudah konsumen mendapatkan produk-produk kendaraan listrik dari BYD.

 

 

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement