Senin 11 Mar 2024 01:30 WIB

Luncurkan Debit Contactless, BTN Pastikan Keandalan Teknologinya

Inovasi dan keamanan jadi prioritas BTN agar nasabah merasa aman dan nyaman.

Peluncuran kartu Debit BTN Visa Contactless di Jakarta, Sabtu (3/3/2024). 
Foto: Dok Republika
Peluncuran kartu Debit BTN Visa Contactless di Jakarta, Sabtu (3/3/2024). 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk telah meluncurkan kartu debit BTN Visa Contactless.

Direktur Distribution & Institutional Funding BTN Jasmin mengatakan, BTN memiliki aspirasi untuk meningkatkan kesadaran dan edukasi kepada nasabah tentang keamanan dan keuntungan menggunakan teknologi contactless.

Baca Juga

Dengan adanya teknologi contactless, nasabah dapat melakukan transaksi tapi pada mesin EDC di kasir. Dengan demikian, tidak terjadi perpindahan kartu antara nasabah dan kasir saat bertransaksi yang dapat berisiko pada berpindahnya informasi nasabah ke orang lain.

Selain itu, untuk transaksi e-commerce, BTN meningkatkan keamanan transaksi dengan menggunakan real time decision untuk antisipasi penyalahgunaan data kartu debit.

"Seiring dengan kemajuan teknologi digital, BTN turut memastikan aspek keamanan dari setiap transaksi yang dilakukan nasabah. Karena inovasi dan keamanan merupakan dua sisi mata uang yang sama yang harus selalu menjadi prioritas agar nasabah merasa aman dan nyaman," ujar Jasmin melalui keterangan tulis, Ahad (10/3/2024).

Dalam rangka mendukung inisiatif tersebut, BTN senantiasa berkolaborasi dengan mitra industri untuk memperluas jaringan pembayaran yang menerima kartu debit contacless.

"Selain itu, BTN juga akan memperluas kerja sama dengan berbagai merchant untuk memberikan program promo yang sangat banyak yang akan menjadi benefit dari penggunaan Kartu Debit BTN Visa Contactless," kata Jasmin.

Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia, Riko Abdurrahman mengapresiasi peluncuran kartu debit BTN Visa Contactless karena langkah tersebut menjadikan BTN bagian dari komunitas global.

"Dengan kartu ini, BTN telah mengikuti standard global dari kartu debit yang dapat digunakan di semua negara, dengan demikian BTN bergabung dengan komunitas global," ujar Riko.

Riko menjelaskan, ada setidaknya 130 juta merchant di seluruh dunia yang menerima kartu debit contactless Visa, sehingga nasabah BTN dapat memanfaatkannya.

"Selain itu, dengan kartu debit BTN Visa contactless artinya BTN telah melakukan lompatan teknologi karena nantinya teknologi ini kelak dapat disematkan di jam tangan, cincin atau wearable devices yang lain," kata Riko.

Selama lima tahun terakhir, tren penggunaan Kartu Debit BTN selalu meningkat, seiring dengan pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK), terutama dana murah. Adapun komposisi dana murah atau current account savings account (CASA) mengalami peningkatan menjadi 53,7 persen pada tahun 2023, naik dari sebelumnya yang mencapai 48,5 persen pada tahun 2022.

Hingga akhir 2023, BTN membukukan DPK sebesar Rp 349,9 triliun, bertumbuh 8,7 persen year-on-year (yoy) dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp 321,9 triliun.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement