Rabu 28 Feb 2024 15:19 WIB

Telkomsel-Microsoft Perluas Kolaborasi AI, Tingkatkan Pengalaman Gaya Hidup Digital

Telkomsel bertujuan memenuhi ragam kebutuhan pelanggan yang dinamis di era digital.

(Kiri – Kanan) Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Dharma Simorangkir; Vice President Telco and Media Microsoft, Sivia Candiani; Regional Busniness Lead Media and Communications Microsoft Asia, Derrick Buckley; Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng; dan Komisaris Telkomsel, Yose Rizal dalam prosesi penandatanganan kesepakatan perluasan kolaborasi antara Telkomsel dan Microsoft yang bertepatan dengan berlangsungnya perhelatan Mobile World Congress 2024 di Barcelona, Spanyol.
Foto: Telkom Group
(Kiri – Kanan) Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Dharma Simorangkir; Vice President Telco and Media Microsoft, Sivia Candiani; Regional Busniness Lead Media and Communications Microsoft Asia, Derrick Buckley; Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng; dan Komisaris Telkomsel, Yose Rizal dalam prosesi penandatanganan kesepakatan perluasan kolaborasi antara Telkomsel dan Microsoft yang bertepatan dengan berlangsungnya perhelatan Mobile World Congress 2024 di Barcelona, Spanyol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Telkomsel memperluas kolaborasi strategis bersama Microsoft untuk meningkatkan pengalaman gaya hidup digital pelanggannya dengan memperkuat integrasi Azure AI ke dalam platform pelanggan dan bisnis Telkomsel serta meningkatkan ketersediaan jaringannya. Kolaborasi strategis ini diresmikan melalui penandatanganan kesepakatan pada 27 Februari 2024 di Fira Gran Via, bertepatan dengan berlangsungnya perhelatan Mobile World Congress 2024 di Barcelona, Spanyol.

Upaya kolaboratif ini selaras dengan upaya Telkomsel untuk menjadi digital telco service provider terbaik di regional dengan konsisten menghadirkan ragam solusi inovatif terdepan bagi pelanggan melalui pemanfaatan teknologi terkini.

Baca Juga

Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng mengatakan, melalui perluasan kolaborasi dengan Microsoft, memungkinkan untuk memperkuat kapabilitas AI di berbagai layanan yang ditawarkan, sehingga dapat memberikan layanan yang lebih cerdas, efisien, dan inovatif bagi seluruh pelanggan. "Kami sangat antusias berkolaborasi dengan Microsoft untuk mengeksplorasi peluang-peluang baru dalam meningkatkan berbagai layanan dan solusi terkini. Dengan demikian, kami dapat memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan kami dalam menikmati berbagai aktivitas digital kesehariannya," ujarnya.

Direktur Planning & Transformation Telkomsel, Wong Soon Nam menambahkan, kolaborasi ini mencerminkan komitmen Telkomsel untuk senantiasa menjadi yang terdepan dalam berinovasi. Dengan konsisten menerapkan teknologi terkini, seperti Microsoft Azure AI ke dalam layanannya, Telkomsel bertujuan untuk memenuhi ragam kebutuhan pelanggan yang dinamis di era digital yang kian berkembang.

"Inisiatif strategis ini juga tidak hanya memastikan peningkatan daya saing perusahaan, tetapi juga menegaskan dedikasi Telkomsel dalam memberikan layanan terbaik dan menciptakan nilai tambah bagi seluruh pelanggan," katanya.

Direktur IT Telkomsel, Bharat Alva menyampaikan, sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, Telkomsel terus berkomitmen untuk dapat menghadirkan pengalaman digital terdepan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Telkomsel secara konsisten terus lampaui batas dalam mendorong kemajuan teknologi untuk memberikan pengalaman yang lebih baik dengan teknologi terkini melalui pemanfaatan kapabilitas AI.

Telkomsel meyakini bahwa dengan mengadopsi teknologi, khusunya melalui pemanfaatan Microsoft Azure AI ini akan membuka ruang kolaborasi yang jauh lebih berdampak terhadap kapabilitas perusahaan dalam menjawab tantangan dan kebutuhan bisnis di masa depan.

Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Dharma Simorangkir mengatakan, era baru AI memungkinkan setiap individu dan setiap organisasi untuk menciptakan dampak sosial serta memaksimalkan pertumbuhan ekonomi secara lebih inklusif. Misalnya dengan mempercepat waktu untuk berinovasi, mengembangkan pengalaman pelanggan, dan meningkatkan produktivitas.

"Kami senang dapat memperluas kolaborasi kami dengan Telkomsel untuk membuka serta merealisasikan lebih banyak peluang AI bagi Indonesia,” katanya.

Melalui kolaborasi ini, Telkomsel dan Microsoft akan menghadirkan program pelatihan kecerdasan buatan (AI) untuk karyawan Telkomsel, yang di antaranya mencakup pelatihan dalam penerapan AI for Sustainability dan AI for Startup. Program pelatihan pemanfaatan AI ini bertujuan untuk memberikan landasan yang kokoh bagi karyawan Telkomsel untuk memahami dan mengimplementasikan teknologi AI secara efektif, tidak hanya untuk kepentingan bisnis, tetapi juga untuk memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar.

Kemudian Telkomsel juga akan merencanakan dan menerapkan lebih banyak teknologi Azure AI Services, termasuk Azure OpenAI Service, di berbagai platform pelanggan dan bisnis Telkomsel untuk menghadirkan solusi yang lebih inovatif dan personalisasi yang lebih baik bagi para pelanggan. Generative AI membuka berbagai peluang kreativitas untuk menghasilkan layanan baru yang dapat meningkatkan pengalaman digital pelanggan secara signifikan.

Selanjutnya mengimplementasikan inisiatif transformasi jaringan melalui pemanfaatan AI, dengan begitu, Telkomsel akan dapat mendeteksi dan menanggapi masalah jaringan dengan lebih cepat dan efisien. Hal ini tidak hanya akan meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan, tetapi juga akan membantu Telkomsel untuk tetap menjadi pemimpin dalam industri telekomunikasi, dengan jaringan yang andal dan responsif terhadap kebutuhan yang terus berkembang.

Sebelumnya, kolaborasi Telkomsel dan Microsoft telah menghasilkan dampak yang signifikan melalui integrasi Microsoft Azure OpenAI Service yang memungkinkan Veronika memberikan solusi lebih cepat dan akurat, Telkomsel telah mencatatkan lonjakan dalam interaksi layanan mandiri pelanggan dari 19 menjadi 45 persen, didorong oleh peningkatan 140 persen dalam rata-rata pesan per pengguna, terutama untuk produk gaya hidup digital. Hal ini memungkinkan agen customer care untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan pelanggan yang membutuhkan mereka secara maksimal. Baca lebih lanjut tentang peningkatan Veronika, yang dapat menangani hingga 5 juta transaksi per bulan, melalui tautan berikut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement