Ahad 25 Feb 2024 09:08 WIB

Mending Beli Mobil Baru atau Bekas? Pertimbangkan Plus Minus Ini

Membeli mobil baru atau bekas punya konsekuensi tersendiri.

Rep: Santi Sopia / Red: Friska Yolandha
Suasana pameran otomotif. Pertimbangkan hal ini saat membeli mobil baru ataupun bekas.
Foto:

Kekurangan

Harga mobil baru bisa lebih mahal. Data Experian menunjukkan bahwa jumlah pinjaman rata-rata untuk kendaraan bekas adalah 27,167 dolar AS (Rp 423 juta) pada Q3 2023, dibandingkan dengan 40,184 dolar AS (Rp 626 juta) untuk mobil baru. Joka membeli mobil mewah, kemungkinan besar konsumen akan membayar jauh lebih mahal daripada harga rata-rata.

Mobil baru kemungkinan besar akan mengalami depresiasi yang lebih besar. Mobil baru rentan terhadap depresiasi yang signifikan, terutama pada tahun pertama. Mempertimbangkan hal tersebut, ada risiko lebih tinggi berutang lebih dari nilai kendaraan tersebut.

 

Berikutnya, asuransi lebih mahal. Ini mungkin bukan faktor penentu tetapi perlu tetap menyiapkan anggarannya. Mencari asuransi perlindungan yang terjangkau akan sangat membantu. Penting memanfaatkan uang dengan bijak dan tentukan pilihan secara cermat. 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement