Jumat 23 Feb 2024 01:38 WIB

Kilang Pertamina Plaju Gelar Pekan Kampanye K3

Kilang Pertamina Plaju menunjukkan komitmen dalam memperbaiki praktik keselamatan.

Menjadi kilang yang tertua di Tanah Air tak menjadikan kilang Pertamina Plaju tergerus zaman.
Foto: Pertamina
Menjadi kilang yang tertua di Tanah Air tak menjadikan kilang Pertamina Plaju tergerus zaman.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit III Plaju atau Kilang Pertamina Plaju Palembang, Sumatera Selatan menggelar pekan kampanye keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dalam rangkaian gerakan nasional (gernas) Bulan K3 Februari ini.

"Kampanye tersebut telah berlangsung sejak 19 Februari 2024 setiap hari saat pekerja memasuki kilang antara pukul 06.45 hingga 07.45 WIB dan berakhir Jumat (23/2)," kata Pjs Area Manager Communication, Relations & CSR Kilang Pertamina Plaju Perliansyah di Palembang, Kamis (22/2/2024).

Baca Juga

Dia menjelaskan, dalam kampanye itu para pekerja membawa atribut yang berisikan tulisan dan imbauan agar pekerja, mitra kerja serta kontraktor mematuhi CLSR (Corporate Life Saving Rules) sebagai pilar aspek keselamatan (safety) di Pertamina.

Beberapa poin yang digaungkan dalam kampanye pekan K3 yakni pekerja, mitra kerja serta kontraktor harus menggunakan alat pelindung diri dengan benar, mengemudi mobil perusahaan sesuai dengan ketentuan (kecepatan 35 km/jam dalam kilang) dan melaporkan insiden yang terjadi.

Dalam kampanye tersebut juga disampaikan sebagian besar insiden yang terjadi di tempat kerja dapat dicegah dengan meningkatkan pemahaman keselamatan merupakan tanggung jawab bersama, katanya.

Menurut dia, Kilang Pertamina Plaju secara khusus memprogramkan "Massive Campaign Health, Safety, Security and Environment (HSSE)" sebagai upaya untuk mengingatkan kepada para pekerja, mitra kerja serta kontraktor tentang pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja di area kerja.

Kampanye tersebut juga sebagai wujud dukungan Kilang Pertamina Plaju terhadap beberapa poin Sustainable Development Goals (SDGs) seperti poin ketiga tentang kesehatan dan kesejahteraan, serta poin kedelapan tentang pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Selain itu, kegiatan ini juga sejalan dengan "environmental, social, and governance (ESG) framework" terutama pada bagian sosial (social) dan pemerintahan (governance).

Dengan ini, Kilang Pertamina Plaju menunjukkan komitmen dalam memperbaiki praktik keselamatan di seluruh unit operasi, dan dengan melakukan kampanye keselamatan pihaknya telah membuktikan diri sebagai perusahaan migas yang memandang penting kesejahteraan pekerjanya. "Kami terus bertekad kuat untuk menjadi perusahaan pengolahan migas dan petrokimia yang mendukung terciptanya lingkungan kerja yang aman dan sehat bagi seluruh pekerja, mitra kerja serta kontraktor," jelasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement