Selasa 20 Feb 2024 17:21 WIB

Persiapan Diri dalam Menyambut Bulan Ramadhan

Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

Rep: Mgrol150/ Red: Muhammad Hafil
Persiapan Menyambut Ramadhan (ilustrasi).
Foto: Dok Republika
Persiapan Menyambut Ramadhan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Bulan yang membuat orang-orang berlomba melakukan segala amal sholeh demi mendapatkan pahala yang berkali-kali lipat. Sebagai umat muslim yang beriman perlu bersiap diri ketika memasuki bulan Ramadhan dan beberapa hal yang harus diperhatikan agar tak hanya lapar dan dahaga saja yang kita rasakan, tapi juga keberkahan.

“Setiap kegiatan yang anda lakukan terlebih dahulu anda harus tau bagaimana melakukannya, tanpa itu kegiatannya bisa salah atau paling tidak, tidak sempurna prinsip dasarnya, itu salah satu sebab mengapa pesan pertama dalam al quran adalah bacalah, iqra. Jadi kalau mau berpuasa pelajari dulu bagaimana berpuasa, apa yang wajib dilakukan, apa yang tidak boleh dilakukan, apa yang sebaiknya dilakukan, apa yang sebaiknya ditinggalkan,” Kata Prof. Quraish Shihab dikutip dari akun Youtube, Najwa Shihab, Selasa (20/02/2024).

Baca Juga

Hal yang harus dipersiapkan adalah tekad dan niat untuk berpuasa. Maka dari itu pada Mazhab Syafii harus ditekadkan sebelum terbitnya fajar tidak hanya melalui ucapan tetapi niatkan pada jiwa untuk bertekad melakukan amalan sesuai dengan pengetahuan serta meningkatkan hal yang dirasa kurang baik. Sebagaimana yang telah dituangkan pada Surat Al Baqarah Ayat 185:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ - ١٨٥

Artinya: "Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur."

Nabi Muhammad SAW pernah menyampaikan khotbah ketika sebelum memasuki bulan Ramadhan, bahwa ada beberapa hal yang perlu dilakukan ketika bulan Ramadhan. Pertama, berdzikir kepada Allah SWT. Kedua memohon ampun kepada Allah SWT. Ketiga, memohon surganya Allah SWT. Keempat, terhindar dari api neraka. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement