Selasa 20 Feb 2024 12:40 WIB

Cina Gagal Orbitkan Satelit Nusantara-2, SpaceX Dipercaya Luncurkan Satelit Indonesia

Besok SpaceX meluncurkan satelit Telkomsat, anak perusahaan Telkom.

Tempat peluncuran roket milik SpaceX di Texas, AS.
Foto:

Biasanya perusahaan-perusahaan Cina menawarkan biaya yang rendah dan pendanaan yang mudah.  ‘’SpaceX tak pernah gagal meluncurkan satelit kami,’’ ujar Sri Sanggrama Aradea, kepala Divisi Satelit Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo.

Menurut dia, insiden pada April 2020 merupakan peristiwa berat bagi Indonesia mengandalkan CGWIC lagi dalam meluncurkan satelit. SpaceX, CGWIC, dan Pasifik Satelit Nusantara shareholder kunci proyek Nusantara-2 tak merespons atas pernyataan mengenai hal ini. 

Secara terpisah, Kementerian Luar Negeri Cina merespons dengan menyatakan’’Perusahaan-perusahaan ruang angkasa Cina terus menjalin kerja sama dengan Indonesia dalam berbagai bentuknya.’’ Namun, mereka tak memerinci kemitraan dalam hal apa saja yang sudah dikerjakan kedua belah pihak. 

Pada 2022, menurut perusahaan konsultan AS, BryceTech, pasar satelit global termasuk di dalamnya manufaktur, layanan, dan peluncuran bernilai 281 miliar dolar AS atau 73 persen dari semua bisnis yang berkaitan dengan ruang angkasa. 

Tahun lalu, Cina mencatatkan peluncuran 67 roket dari 223 jumlah peluncuran secara global. Sebagian besara peluncuran dilakukan oleh CGWIC. Ini merujuk laporan profesor Harvard dan orbital tracker, Jonathan McDowell.

Dengan jumlah 67 peluncuran, menempatkan Cina di belakang AS yang menorehkan 109 peluncuran. Sebanyak 90 persen dilakukan oleh SpaceX. Washington dan Beijing pun memperluas persaingannya dalam jaringan komunikasi berbasis satelit. 

Starlink milik SpaceX, menguasai 60 persen dari 75 ribu satelit yang mengorbit pada bumi. Mereka kini dominan dalam ranah internet satelit. Namun tahun lalu, Cina mulai meluncurkan satelit, Guowang untuk mengimbanginya.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement