Sabtu 17 Feb 2024 00:06 WIB

Toyota Mulai Pasarkan GR Corolla, Mengapa Peminatnya tak Diundi Seperti GR Yaris?

Harga GR Corolla dipasarkan dengan harga Rp 1,3 miliar.

PT Toyota-Astra Motor (TAM) memulai penjualan GR Corolla di Indonesia dengan harga Rp 1,3 miliar.
Foto: Republika/Firkah Fansuri
PT Toyota-Astra Motor (TAM) memulai penjualan GR Corolla di Indonesia dengan harga Rp 1,3 miliar.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — PT Toyota-Astra Motor (TAM) memulai penjualan GR Corolla di Indonesia, sekaligus memajangnya bersama Agya GR Sport, Yaris Cross GR Parts HEV, dan RAV4 GR Sport PHEV di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara, 15–25 Februari 2024.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy mengatakan di Indonesia, GR Corolla sudah memulai debut sejak Agustus 2023 tapi sebelum ini belum ada rilis harga resminya. 

Baca Juga

“Di ajang IIMS 2024, PT TAM mengumumkan telah secara resmi membuka pre-booking GR Corolla untuk pasar Indonesia. Pelanggan bisa menghubungi jaringan dealer resmi Toyota untuk mendapatkan informasi tentang skema penjualan GR Pure ke-4 di Indonesia ini,” kata Anton di booth Toyota, Kamis (15/2/2024).

Tak seperti GR Yaris yang unitnya terbatas, Anton mengatakan untuk GR Corolla yang dipasarkan dengan harga Rp 1,3 miliar ini permintaan konsumen akan dipenuhi oleh TAM. Karena untuk GR Yaris yang dipasarkan di Indonesia unit tidak dibatasi seperti saat TAM menjual GR Yaris. “Jadi tidak akan diundi sepetri GR Yaris,” ujar Anton.

Menurut Anton key performance GR Corolla adalah engine turbo berkode G16E-GTS yang sama dengan milik GR Yaris. Sentuhan engineer TGR menjadikan unit 3-silinder 1.618 cc berteknologi D-4ST & Port Injection ini, sanggup menghasilkan tenaga 300 PS pada 6.500 rpm dan torsi 370 Nm pada 3.000–5.550 rpm. Sementara mesin GR Yaris sebagai basisnya memproduksi tenaga 261 PS dan torsi 360 Nm.

“Menghadirkan DNA Corolla yang telah hadir sejak tahun 1966 yang dikombinasikan pengalaman TGR yang sarat kemenangan di ajang motorsport global, GR Corolla memberikan race performance yang luar biasa,” kata Anton.

Hal itu membuat takjub yang memandangnya, memberikan excitement dan joy of GR bagi siapa pun yang berada di balik kemudinya, namun tetap memadai untuk daily use. “Mengusung tema Untamed Energy, ada 3 misi yang ingin dicapai oleh GR Corolla, yakni making ever-better motorsports-bred car, making sports car that WOWs customer, dan bring back sports DNA to Corolla,” jelas Anton Jimmi Suwandy.

Anton menambahkan di IIMS 2024 selaras Multi Pathway Strategy, produk GR telah mengusung teknologi elektrifikasi Hybrid EV (HEV) dan Plug-in Hybrid EV (PHEV). All New Agya GR Sport dengan livery baru yang melambangkan semangat pantang menyerah juga ikut dipamerkan oleh TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) untuk menunjukkan komitmen dan kesiapan tampil penuh di ajang balap nasional tahun ini.

“Saat ini, popularitas brand GR meningkat signifikan dibuktikan dari 19 produk yang dipasarkan, di mana komposisi model GR mencapai 80 persen,” kata Anton.

Menurutnya PT Toyota-Astra Motor (TAM) memajang GR model yang terdiri atas GR Pure, GR Sport dan GR Parts di ajang IIMS 2024.

Toyota mengumumkan pula race car All New Agya GR Sport dengan livery baru yang juga akan dipakai di seluruh race car milik TGRI. “Menandakan kesiapan untuk berlaga penuh di ajang balap domestik maupun regional sekaligus memperkenalkan pembalap muda penuh talenta yang akan mengorbit bersama TGRI,” terang Anton.

Meskipun terbilang baru, TGRI telah aktif berkompetisi di 6 ajang motorsport yang berbeda baik di tingkat regional seperti GT World Challenge Asia (GTWCA) dan Asia Cross Country Rally. Maupun di Tingkat nasional seperti balap touring ISSOM, Rally, Sprint Rally, dan Slalom. TGRI menutup tahun 2023 dengan podium juara pada hampir semua cabang motorsport yang diikuti.

Tahun ini, partisipasi di seluruh ke-6 cabang motorsport yang telah diikuti pada tahun 2023 akan dilanjutkan oleh TGRI. Bahkan, beberapa cabang seperti GTWCA akan dilakukan improvement dengan bergabung di kejuaraan GTWCA Japan Cup 2024 yang lebih kompetitif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement