Senin 12 Feb 2024 14:35 WIB

Erick Berhasil Tingkatkan Jumlah Nasabah Mekaar Hingga 15 Juta

Erick menargetkan nasabah Mekaar ke depan bisa terus naik kelas.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Lida Puspaningtyas
Menteri BUMN Erick Thohir dan Direktur Utama Bulog Bayu Krisnamurthi meninjau ketersediaan beras di Ramayana Klender, Jakarta Timur, Senin (12/2/2024).
Foto: Republika/Muhammad Nursyamsi
Menteri BUMN Erick Thohir dan Direktur Utama Bulog Bayu Krisnamurthi meninjau ketersediaan beras di Ramayana Klender, Jakarta Timur, Senin (12/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan nasabah Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar telah menembus angka 15 juta orang pada Februari 2024. Berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Erick menargetkan jumlah nasabah ibu-ibu Mekaar bisa terus meningkat hingga 20 juta nasabah.

"Artinya ketika ada angka 20 juta nasabah PNM Mekaar dan angka-angka lain juga, ini benar-benar kita bisa mendorong yang namanya menekan kesenjangan," ujar Erick saat bertemu dengan nasabah Mekaar di Jakarta International Velodrome, Jakarta Timur, Senin (12/2/2024).
 
Erick menyampaikan, program PNM Mekaar nantinya juga akan terintegrasi dengan program Govtech Indonesia. Erick mengatakan program milik Perum Peruri rencananya akan diluncurkan pada akhir bulan ini. 
 
"Itu bagian penyatuan data ke depan, pemerintah ingin mendorong yang namanya Govtech yang akhir bulan ini juga mudah-mudahan kalau tidak ada apa-apa bisa diluncurkan," ucap Erick. 
 
Berkaca pada negara-negara lain, Erick menyebut GovTech di Cina berhasil menekan kemiskinan hingga di bawah satu persen hingga percepatan pembangunan di India menjadi sepuluh tahun dari awalnya 40 tahun. 
 
Sejak awal, Erick menegaskan BRI, Pegadaian, dan PNM yang tergabung dalam holding ultra mikro merupakan pondasi bagi para pelaku usaha ultra mikro. Erick menargetkan nasabah Mekaar ke depan bisa terus naik kelas.
 
"InsyaAllah saya rasa dengan konsolidasi yang hari ini terjadi, bahkan saya juga terharu ketika ada 1 juta PNM Mekaar naik kelas, dan angka ini saya tidak pernah terpikir tadinya. Kalau angka ini bayangkan setiap tahun berapa ratus ribu terus naik, artinya ini riil ada pertumbuhan dari ultra mikro ke UMKM," kata Erick.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement