Sabtu 10 Feb 2024 18:18 WIB

Menhub Ingin Indonesia Belajar Kelola Pelabuhan dari Laem Chabang

Laem Chabang berkapasitas 14 juta TEUs merupakan pindahan dari pelabuhan di Bangkok.

Menhub Budi Karya Sumadi
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Menhub Budi Karya Sumadi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menginginkan pengelolaan pelabuhan di Indonesia belajar dari pelabuhan negara lain agar menciptakan pelabuhan yang berkelas dunia dan dapat bersaing di dunia internasional.

Budi dalam keterangan di Jakarta, Sabtu (10/2/2024), menyebut, salah satu pelabuhan yang baik untuk dicontoh, yakni Pelabuhan Laem Chabang, Thailand. "Kami belajar banyak di sini (Pelabuhan Laem Chabang) karena ini adalah pelabuhan yang di desain dan dibangun dengan jumlah 14 juta TEUs (kontainer berukuran 20 kaki)," kata Budi saat mengunjungi dan berdiskusi dengan pimpinan Pelabuhan Laem Chabang, Thailand, Jumat (9/2/2024).

Baca Juga

Ia mengatakan sebagai negara dengan lebih dari 17 ribu pulau, pelabuhan menjadi salah satu hal terpenting yang harus dikelola dengan baik di Indonesia. Pelabuhan, kata dia, tidak hanya untuk konektivitas masyarakat tetapi juga konektivitas logistik.

Menurut dia, Pelabuhan Laem Chabang merupakan contoh sukses bagaimana hal tersebut dapat dikelola dengan baik. "Ini adalah sebuah pelabuhan yang dipindahkan dari Bangkok ke sini. Bangkok pasti membuat kemacetan, oleh karenanya semua ekspor impor semua di bawa ke Laem Chabang. Hari ini, kami berterima kasih dan kami mendapat contoh yang bagus bagaimana mengelola suatu terminal dan dengan banyak partner dari beberapa perusahaan," ujarnya.

 

Menurut Budi, keberhasilan tersebut juga dapat diaplikasikan di Indonesia sehingga pelabuhan di Indonesia dapat bersaing dengan pelabuhan-pelabuhan di ASEAN bahkan dunia.

 

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement