Kamis 08 Feb 2024 09:30 WIB

Libur Panjang, 292 Ribu Kendaraan Diprediksi akan Melintas di Tol Cipali

Puncak arus mudik libur panjang diprediksi akan terjadi hari ini.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ahmad Fikri Noor
Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (23/12/2023).
Foto: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (23/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Astra Infra Toll Road Cikopo-Palimanan (Astra Tol Cipali) memprediksi adanya kenaikan volume lalu lintas di Ruas Tol Cikopo-Palimanan. Peningkatan trafik diprediksi akan terjadi pada periode libur akhir pekan Isra’ Mi’raj dan Tahun Baru Imlek 2024.

Sebanyak 292 ribu kendaraan diprediksi melintas Ruas Tol Cipali pada hari ini (8/2/2024) hingga 11 Februari 2024. “Bila dibandingkan dengan Lalu Lintas Harian (LHR) normal, terdapat peningkatan akumulasi trafik hingga 27,5 persen,” kata Kepala Divisi Operasional Astra Tol Cipali, Sri Mulyo dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (7/2/2024). 

Baca Juga

Sri Mulyo memprediksi puncak arus mudik libur akhir pekan Isra’ Mi’raj dan Imlek 2024 terjadi pada hari ini dengan kenaikan hingga 46 persen dibandingkan LHR normal. Sedangkan puncak arus balik diprediksi terjadi pada Ahad (11/2/2024) dengan kenaikan hingga 41 persen dibandingkan LHR normal. 

Untuk itu, Astra Tol Cipali mengumbau untuk senantiasa menjaga keamanan diri, keluarga, dan pengguna lain dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas kecepatan. “Minimal 60 kilometer per jam dan maksimal 100 kilometer per jam. Apabila kondisi hujan batas kecepatan maksimal 70 kilometer per jam,” jelas Sri Mulyo. 

Dia juga meminta masyarakat dapat memastikan kondisi kendaraan dan fisik pengemudi dalam kondisi yang prima. Hal itu dengan tidak lupa untuk melakukan pengecekan kendaraan rutin dan cek tekanan ban sebelum melakukan perjalanan.

Apabila sudah berkendara lebih dari empat jam dan kondisi fisik lelah, pengguna jalan dapat beristirahat di Rest Area terdekat. Astra Tol Cipali memiliki tujuh Rest Area aktif yang tersebar di Tol Cipali, baik arah Jakarta maupun arah Cirebon, dengan fasilitas yang lengkap untuk memudahkan pengendara dalam beristirahat. 

“Apabila kapasitas daya tampung di rest area sudah memasuki 70 persen para pengguna jalan dapat beristirahat di rest area selanjutnya ataupun keluar gerbang tol terdekat agar dapat beristirahat dengan maksimal,” tutur Sri Mulyo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement